MENU
icon label
image label
blacklogo

Review Asus ZenBook Flip S (2020): Notebook Tangguh Dengan Layar Mewah

OCT 23, 2020@10:30 WIB | 349 Views

Salah satu alasan kuat yang mendukung pembelian perangkat Asus ZenBook Flip S terbaru adalah display (tampilan layar) yang mewah. Ya, ini merupakan notebook 2-in-1 seharga USD$ 1.449 (sekitar 20 jutaan Rupiah) yang memiliki panel 4K OLED. Ini adalah salah satu tampilan terbaik yang bisa Anda dapatkan pada notebook 13 inci.

Tampilan layar notebook 2-in-1 ini sangat menakjubkan. Tidak ada silau, meskipun teksturnya mengkilap, jadi bekerja dalam pengaturan terang tidak menjadi masalah. Gambar terlihat cerah, hitam pekat, dan warna cerah - membuat tampilan layar MacBook Pro terlihat murahan. Tidak sulit untuk menemukan layar 4K OLED di laptop yang lebih besar - kualitas tampilan yang dipadukan dengan bentuk konvertibel yang ringkas membuat Asus ZenBook Flip S terbaru (model ini adalah UX371) menjadi perangkat yang ambisius. Beratnya hanya 2,65 pound (1,2kg) dan 0,55 inci (13,9mm) serta didesain secara kokoh dan tampilan bezel dengan sudut yang dinamis hingga nampak premium.

Seperti ZenBook lainnya, yang satu ini memiliki engsel lipat di bawah yang dapat mengangkat dek keyboard sedikit dari meja Anda. Tidak seperti beberapa engsel dengan desain ini, yang ini sangat kecil. Namun, transisi form tidak selalu mulus. ZenBook terbaru ini terkadang mencoba untuk beralih ke mode tablet saat memiringkannya sedikit ke samping (dalam posisi laptop). Dan saat memiringkannya kembali ke atas, jendela tidak akan kembali ke posisi yang sama seperti sebelumnya. Terkadang, layar juga tidak beralih dari mode tablet setelah smemutarnya dari tablet ke posisi laptop, dan harus mengulangi transisi. Ini adalah masalah yang terkadang Anda alami dengan Windows 2-in-1s - ini tidak hanya terjadi pada Flip ini - tetapi tetap saja bisa memusingkan.

Seperti ZenBook modern lainnya, Flip S terbaru ini hadir dengan Asus 'NumberPad 2.0. Saat Anda mengetuk ikon kecil di sudut kanan atas panel sentuh, numpad berbasis sentuhan LED akan muncul. (Menggeser ke bawah dari pojok kiri atas juga menampilkan aplikasi kalkulator, yang berguna.) Numpad bekerja dengan sangat baik, dan Anda juga dapat menggunakan touchpad untuk menavigasi dan mengeklik saat naik.

Pemilihan port baik-baik saja, kecuali tidak ada jack headphone. Asus mengatakan itu menghapusnya atas nama ketipisan, dan Flip memang dikirimkan dengan dongle. Tetapi banyak pesaing ZenBook (termasuk OLED Spectre x360, yang hanya sedikit lebih tebal) telah mampu memasukkan salah satunya. Itu juga kehilangan slot microSD, yang juga dimiliki Spectre. Selain itu, ada port HDMI, dua port Thunderbolt 4 USB-C, dan satu USB 3.2 Gen 1 Type-A serta mendukung Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.0 - tanpa LTE.

Asus ZenBook Flip S merupakan salah satu sistem pertama yang disertifikasi melalui platform Evo Intel, seperti Project Athena untuk generasi Tiger Lake. Merek Evo dimaksudkan untuk menyatakan bahwa laptop memberikan sejumlah manfaat yang diinginkan pelanggan, termasuk masa pakai baterai sepanjang hari, waktu bangun cepat, pengisian daya cepat, Wi-Fi 6, dan Thunderbolt 4. Selain itu, ini dibekali dengan quad-core Core i7-1165G7 dengan grafis terintegrasi Xe, selain 16GB RAM dan 1TB SSD juga dengan baterai 67Wh. Dengan alur kerja kantor yang biasa dan kecerahan sekitar 200 nits, notebook ini bisa bertahan hingga 5 jam 15 menit. Tentu, mungkin akan mendapatkan hasil yang lebih baik jika menyetel layar ke resolusi 1080p dan pastinya tidak akan mengurangi kinerja bila hanya menggunakannya untuk multitasking di Chrome, Slack, Zoom, dan aplikasi produktivitas lainnya. Plus sisi audionya terbilang bagus. Memasangkannya dengan tampilan layar mewah menjadikannya perangkat multimedia yang luar biasa.

Jika Anda mencari convertible tipis dan ringan dengan tampilan premium dan layar OLED, Anda pasti akan melihat ini dan Spectre x360 yang seharga USD$ 1.799. Keduanya adalah komputer yang sangat bagus dengan tampilan yang menonjol meski dinilai memiliki masa pakai baterai yang kurang bagus. Asus ZenBook Flip S terbaru, dengan harga lebih murah beberapa ratus, kehilangan dua port penting tetapi memberi Anda beberapa fasilitas baru Tiger Lake, termasuk grafik Thunderbolt 4 dan Xe serta memiliki prosesor terbaru. [inn/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
review asus zenbook flip s,
#
asus zenbook flip s,
#
laptop rekomended,
#
notebook