MENU
icon label
image label
blacklogo

Perbandingan Samsung Galaxy S21 Ultra vs iPhone 12 Pro Max

DEC 23, 2020@12:30 WIB | 552 Views

Jika memimpikan ponsel terbaik dengan kriteria memiliki layar besar, masa pakai baterai yang bagus, dan sistem kamera paling canggih, maka Samsung Galaxy S21 Ultra yang akan datang, dan Apple iPhone 12 Pro Max yang saat ini tersedia mungkin berada di urutan teratas daftar paling dicari.

Setelah banyak beredar rumor tentang produk ini, maka kita sudah tahu hampir semua yang perlu diketahui tentang Galaxy S21 Ultra, dan dengan pandangan yang jelas tentang seperti apa flagship Samsung berikutnya. Kini saatnya membandingkan keduanya.

Galaxy S21 Ultra akan secara resmi diluncurkan pada 14 Januari. Dengan pemikiran ini, mari kita lihat apa perbedaan antara keduanya.

Layar


 

Dengan kecepatan refresh 120Hz yang cepat, Galaxy memiliki gerakan yang lebih mulus. Bahkan dengan ukuran layar yang sedikit lebih besar, terdapat perbedaan 0,1 "hampir tidak terlihat, dan keduanya jelas memperluas batas seberapa besar layar yang bisa didapatkan saat telepon tidak dapat dilipat.

Sedangkan iPhone, memiliki satu elemen khas yakni takik, yang menampung sensor ID Wajah yang kompleks, sedangkan Galaxy S21 memiliki kamera depan berlubang yang jauh lebih terpisah yang tidak menghalangi pandangan. Sangat mudah untuk membiasakan diri dengan takik iPhone dalam penggunaan sehari-hari dan kasual, tetapi bisa sangat terlihat saat menonton video dan terutama saat bermain game.

Layar Galaxy memiliki resolusi lebih tinggi untuk detail yang lebih tajam. Selain itu, layar dapat berjalan pada kecepatan refresh 120Hz, dua kali lebih cepat dari 60Hz di iPhone, dan ini membuat pengguliran dan penjelajahan di sekitar antarmuka terasa lebih zippier dan halus daripada di iPhone.

Performa

Galaxy S21 Ultra hadir bersama dengan chip Qualcomm Snapdragon 888 terbaru (setidaknya di Amerika Serikat, unit internasional akan dikirimkan dengan prosesor Samsung Exynos 2100), sedangkan iPhone 12 Pro Max menggunakan chip Apple A14 Bionic.

Kedua chip dibuat dengan teknologi paling canggih - menggunakan manufaktur 5nm.

Dalam hal penyimpanan, model dasar Galaxy S21 Ultra memiliki memori internal 128GB, cocok dengan iPhone 12 Pro Max. Galaxy, mempertahankan slot kartu microSD yang memungkinkan perluasan penyimpanan, dan itu adalah opsi yang tidak dimiliki iPhone.

Kedua ponsel akan tersedia di semua operator besar di seluruh dunia dan di Amerika Serikat, dan mereka akan mendukung konektivitas 5G dengan semua band yang diperlukan untuk pasar tertentu (keduanya akan mendukung mmWave 5G di AS).

Kamera

Dua kamera zoom telefoto di Galaxy mungkin menjadikannya kamera zoom paling serbaguna, tetapi hanya iPhone yang memiliki sensor LiDAR untuk AR.

Galaxy S21 Ultra menghadirkan sistem kamera bergaya indah yang terlihat seperti milik bingkai ponsel, sedangkan iPhone memiliki fitur kompor induksi yang dapat dikenali. Keduanya cantik dengan caranya sendiri, tetapi keduanya memiliki tempat tidur kamera yang terangkat, jadi jika Anda menggunakan ponsel tanpa casing, itulah alasan mengapa kedua ponsel saat posisinya datar akan goyang.

Lantas bagaimana dengan spesifikasi kameranya?

Galaxy berada di atas angin dengan dua kamera telefoto, ia mempertahankan lensa periskop dan meningkatkannya dengan kemampuan zoom 10X, naik dari zoom asli 5X pada lensa periskop Note 20 Ultra. Di atas lensa periskop, S21 Ultra juga menambahkan lensa zoom sekunder, lensa zoom jarak pendek 3X. Secara keseluruhan itu adalah ponsel unggulan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang sesuatu yang jauh.

Menariknya, Galaxy akan mengadopsi kamera utama yang lebih lebar dengan lensa 24mm dibandingkan lensa 26mm pada iPhone (dan sebagian besar ponsel lain dalam hal ini). Meski bukan perbedaan yang sangat besar, tetapi akan menghasilkan perspektif yang jauh lebih luas untuk bidikan dengan kamera utama.

Di sisi video, S21 Ultra juga menambahkan perekaman video 8K pada 30fps, sedangkan iPhone 12 Pro Max dapat melakukan video 4K tetapi mendukung standar Dolby HDR untuk warna yang lebih kaya. Dengan 8K bisa mendapatkan detail yang jauh lebih bersih, sedangkan opsi HDR di iPhone memberi rentang dinamis yang lebih tinggi, sehingga keduanya memiliki keunggulannya masing-masing.

Daya Tahan Baterai dan kecepatan Pengisian

5.000mAh (Galaxy S21 Ultra) vs 3.687mAh (iPhone 12 Pro Max), pengisian lebih cepat di Galaxy.

Terakhir, keduanya juga akan berbeda dalam ukuran baterainya. Ponsel Android seperti Galaxy S21 Ultra selalu hadir dengan baterai yang lebih besar dari iPhone, dan S21 Ultra tidak terkecuali. Diproyeksikan datang dengan sel baterai 5.000mAh, dibandingkan dengan baterai 3.687mAh pada iPhone. Itu berarti Galaxy memiliki kapasitas baterai hampir 50% lebih besar dari iPhone!

Untuk pengisian, iPhone 12 Pro Max mendukung kecepatan hingga 20W, sedangkan Galaxy S21 Ultra diharapkan mendukung kecepatan pengisian 45W. IPhone juga merupakan ponsel utama pertama di pasar yang dikirimkan tanpa pengisi daya, dan S21 Ultra dikatakan sebagai ponsel Android besar pertama yang mengikuti langkah yang tidak menguntungkan ini.

Kedua ponsel juga mendukung pengisian daya nirkabel dengan kecepatan hingga 15W dengan pengisi daya yang kompatibel. IPhone menonjol dengan teknologi MagSafe barunya sehingga ponsel dapat secara magnetis dan aman masuk ke pengisi daya dan aksesori.

Harga

Berita yang beredar, kondisi pasar telah memaksa Samsung untuk menurunkan harga ponsel andalannya pada tahun 2021. Pada tahun 2020, Samsung meluncurkan andalannya S20 Ultra dengan harga selangit $ 1.400 (19,7 Juta Rupiah), sedangkan Galaxy S21 Ultra tahun ini mungkin mulai dengan harga yang lebih rendah sekitar $ 1.300 (18,3 Juta Rupiah), yang masih jauh lebih mahal daripada iPhone 12 Pro Max.

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G - sekitar $ 1.300 (18,3 Juta Rupiah) untuk model 128GB, dan Apple iPhone 12 Pro Max - $ 1.100 (15,5 Juta Rupiah) untuk model 128GB. Dan akhirnya, semua ponsel Galaxy S21 baru diharapkan secara resmi diluncurkan pada akhir Januari 2021 di acara virtual Samsung Galaxy S21 Unpacked, dan diharapkan mulai dijual pada akhir bulan. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
samsung galaxy s21 ultra vs iphone 12 pro max,
#
samsung galaxy s21 ultra,
#
iphone 12 pro max,
#
spesifikasi iphone 12 pro max