MENU
icon label
image label
blacklogo

Penting! Dongle Logitech Rentan Peretasan, Segera Lakukan Patch!

JUL 17, 2019@10:30 WIB | 77 Views

Jika Anda membeli keyboard atau mouse nirkabel Logitech, ia dilengkapi dengan penerima USB nirkabel (dongle) yang memungkinkan Anda menghubungkan perangkat tersebut ke komputer Anda, yang berguna jika komputer Anda tidak mendukung Bluetooth. Awalnya mungkin kita tidak terlalu memikirkan tentang dongle itu, tetapi perkembangan terbaru tampaknya membuat kita harus melakukannya.

Ini karena menurut laporan dari The Verge, dongle nirkabel Logitech yang kini beredar atau sedang dalam pengiriman memiliki cacat keamanan yang dapat membuatnya rentan terhadap peretasan. Ini sebenarnya bukan hal baru. Jika diingat ini adalah masalah yang pernah dilaporkan pada tahun 2016 di mana ia dikenal sebagai MouseJack. Logitech lalu telah mengeluarkan patch untuk memperbaikinya. Sayangnya temuan terbaru telah menemukan bahwa bahkan produk Logitech saat ini masih dikirim dengan dongle yang belum diberi patch ulang.

Perlu dicatat bahwa produk Logitech bukan satu-satunya yang berpotensi terkena cacat keamanan ini, dan bahwa produk nirkabel lain dari Dell, HP, Lenovo, dan Microsoft yang menggunakan chipset dan firmware yang sama juga memiliki kerentanan serupa. Kelebihannya adalah Logitech segera tanggap dan memungkinkan pengguna untuk memperbarui firmware mereka secepatnya.

Jadi jika Anda memiliki produk nirkabel Logitech yang mengandalkan dongle, maka pergilah ke situs web Logitech di mana Anda dapat mengunduh patch yang seharusnya mengatasi masalah ini. Sekadar berjaga-jaga, sebaiknya ini juga dilakukan bagi Anda yang mungkin baru saja membeli produk Logitech keluaran terbaru.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
logitech,
#
dongle,
#
hacking