MENU
icon label
image label
blacklogo

Pengguna Oculus Wajib Login Pakai Akun Facebook

AUG 21, 2020@15:30 WIB | 7,060 Views

Oculus akan segera meminta semua pengguna headset virtual reality miliknya untuk mendaftar dengan akun Facebook. Dalam unggahan website pada Selasa (18/8/20), pihak Oculus secara resmi menyatakan bahwa dalam beberapa bulan pengguna akan memerlukan akun Facebook untuk dapat login saat menggunakan perangkat.

Perubahan ini akan mulai terealisasi pada bulan Oktober mendatang, di mana pengguna baru yang tidak akan memiliki akun Oculus VR tapi langsung dialihkan menggunakan Facebook.

Sementara pengguna lama masih dapat mempertahankan akun yang ada hingga 1 Januari 2023. Dalam rentang waktu 2 tahun tersebut, pihak Oculus menyediakan dua opsi sebelum akhirnya pengguna benar-benar akan dialihkan pada akun Facebook. Opsi pertama adalah pengguna dapat login menggunakan akun Oculus VR mereka, lalu mengintegrasikan akun itu ke akun Facebook.

Sedangkan opsi kedua adalah pengguna dapat bertahan menggunakan akun Oculus VR selama 2 tahun hingga waktu peralihan total pada tahun 2023. Meski dapat bertahan, ini hanya akan membuat performa tidak sempurna. Akan terjadi hambatan fungsionalitas dari yang sepenuhnya disediakan, termasuk beberapa game yang kemungkinan tidak akan berfungsi sama sekali.

Facebook mengatakan bahwa semua perangkat Oculus yang akan dirilis di masa mendatang akan memerlukan login Facebook, meskipun Anda sudah memiliki akun terpisah. Perusahaan secara luas diharapkan untuk mengumumkan versi baru headset Oculus Quest pada musim gugur ini dan kebijakan tersebut mungkin akan berlaku.

Facebook secara perlahan mengintegrasikan platform Oculus setelah membeli perusahaan tersebut pada tahun 2014. Di tahun lalu, Facebook menambahkan fitur sosial VR baru yang membutuhkan akun Facebook dan mulai menggunakan data yang dikumpulkan melalui Oculus dalam iklan. Ini adalah langkah lanjutkan untuk menekankan manajemen Facebook atas Oculus.

Meski peralihan ini mengecewakan beberapa pihak, Oculus menjanjikan beberapa keuntungan lain. Pihaknya mengklain ini akan memberikan “lebih banyak pengalaman multipemain dan sosial yang diberdayakan Facebook segera hadir di VR, seperti Horizon, tempat Anda dapat menjelajahi, bermain, dan menciptakan dunia.”

Fitur ini juga termasuk obrolan, berbagi aktivitas di laman Facebook, dan melakukan pesta secara virtual. Pihak Oculus juga mengatakan privasi masih dapat dijaga dengan pengguna dapat memilih informasi tentang aktivitas VR yang ingin diposting ke Facebook. Sehingga semua data yang tampil di akun Facebook adalah atas izin yang Anda berikan.

Pada akhirnya, kebijakan ini akan menghilangkan dinding pembatas antara akun Oculus dan Facebook, dan mengharuskan pengguna yang tidak menggunakan Facebook untuk mendaftar. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
pengguna oculus,
#
headset virtual reality,
#
oculus,
#
facebook,
#
inovasi teknologi