MENU
icon label
image label
blacklogo

Pembaruan Besar iOS 14 untuk iPhone yang Penting Diketahui

JUN 24, 2020@20:00 WIB | 384 Views

Melalui live streaming konferensi pengembang WWDC 2020, Senin (22/6/2020), Apple mengumumkan 18 pembaruan penting, salah satunya sistem operasi untuk iPhone, iOS 14. WWDC 2020 yang sempat menjadi trending topic Twitter ini, mendapat reaksi menarik dari YouTuber, Marques Brownlee.

Apresiasi luar biasa dinyatakan Marques Brownlee untuk beberapa fitur baru hasil pembaruan Apple yang menurutnya sangat keren dan hebat. Terlepas dari pembaruan perangkat lunak yang diumumkan, Marques Brownlee mengapresiasi pula cara Apple mengumumkan pembaruannya secara virtual. Konsep peluncuran Apple selama bertahun-bertahun diakuinya telah menjadi standar yang bagus. Kini, akibat pandemi, Apple dengan konsep serupa dilakukannya secara online.

Persis, pada pembukaan WWDC, pemaparan dilakukan di atas panggung besar tanpa hadirin sama sekali. Presentasi-presentasi oleh sejumlah presenter dengan gaya serupa juga dilakukan tanpa penonton. Semua itu direkam di lokasi berbeda di sekitar Apple University. Mereka melakukan presentasi seolah-olah sedang berhadapan dengan hadirin. Namun, ternyata hasil video keseluruhan yang ditayangkan di YouTube mendapat perhatian luar biasa dari publik.

“Bravo, Bravo!” cetus Marque Brownlee sembari tepuk tangan apresiatif. Sebelum akhirnya memberikan tanggapan terhadap sejumlah pembaruan besar yang dilakukan Apple. Pembaruan yang diumumkan pertama kali adalah iOS 14. Berikut sejumlah pembaruan atau fitur baru pada iOS 14.

1. Perubahan Layar Beranda iOS 14

Selama ini, Apple terbilang konservatif terkait layar beranda iPhone. Tetapi kini layar beranda dibuat antarmuka terbesar untuk iOS 14. Perubahan ini nampak jauh lebih fungsional walaupun hampir menyerupai Android. Tidak hanya itu, iOS 14 tahun ini hadir dengan beberapa kebaruan diantara fitur-fitur yang selama ini hanya kita temui di Android saja, App Library misalnya.

App Library kelihatan menyerupai laci aplikasi pada Android di mana pengguna bisa menyembunyikan aplikasi dari layar beranda. Fitur-fitur fungsional ditambahkan, antara lain pembagian kolom sesuai kategori aplikasi atau pola penggunaan. Ada pula fitur pencarian berbentuk daftar yang memudahkan pengguna jika hendak mencari aplikasi yang diinstal lebih cepat di iPhone.

Kemudian Widget—yang Marques bilang sebagai pembaruan hebat. Disebut hebat karena fungsinya yang tepat. Pembaruan ini supaya pas dengan lokasi pengguna yang dipasang di beranda. Penambahan data iOS 14 ini memungkinkan pengguna dapat memilih beragam gaya widget berbeda sesuai keinginan. Sebab hal itu bisa dikustomisasi dan diatur tata letaknya di beranda. Menariknya lagi, ikon aplikasi bisa memposisikan diri otomatis untuk memberi ruang pada widget.

2. Siri yang Ringkas Tapi Pintar

Semakin ringkas dan lebih pintar. Itu yang kesan yang ada untuk pembaruan Siri di iOS 14 ini. Desainnya ringkas. Setiap menggunakan tidak menghabiskan seluruh layar. Pintarnya, Siri sudah bisa muncul berupa gelembung kecil di sisi bawah layar ketika pengguna bertanya sesuatu di iOS 14. Setelah itu, Siri akan melakukan apa yang diminta pengguna dengan layar tidak tertutup sepenuhnya. Siri ini bisa memproses rata-rata 25 miliar permintaan perbulan. Bahkan, kata Apple, akan terus terintegrasi dengan pengalam iOS 14.

Apple mencontohkan, pembaruan telah memunkinkan pengguna bisa meminta Siri mengirim pesan audio dan asisten AI (kecerdasan buatan). Saat permintaan dilakukan, Siri akan merekam pesan dengan instan. Di samping itu, gelembung kecil Siri akan muncul di sisi layar atas dengan kontrol perekaman.

Fungsi yang serupa juga diterapkan pada keyboard Aplle yang sudah bisa melakukan dikte dengan mengenali suara pengguna. Persis seperti yang dilakukan Siri. Jadi, ketika pengguna malas mengetik, ini menjadi cara aman untuk dilakukan bahkan saat perangkat offline.

3. Picture-in-picture (PiP)

Untuk fitur Picture-in-picture (PiP) di iOS 14 pengguna bisa menonton video mengambang di layar utama dan bisa sambil melakukan aktifitas lain di perangkat. Ukuran video bisa dirubah sesuai keinginan dan posisi video bisa dipindah pula.

4. Translate

Apple mengupgrade aplikasi terjemahan baru untuk iOS 14. Menariknya, aplikasi ini bisa digunakan pengguna secara online maupun offline. Fungsi aplikasi ini ualah menerjemahkan bahasa secara real-time untuk percakapan yang diminta pengguna. Teknologi yang digunakan dalam aplikasi ini ialah machine learning dan neural engine. Dengan teknologi ini pengguna dapat menermahkan teks atau suara dari sebelas bahasa untuk saat ini antara lain Inggris, Mandarin, Perancis, Jerman, Spanyol, Italia, Jepang, Korea, Arab, Portugis dan Rusia. Untuk bahasa-bahasa lainnya akan diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan secara bertahap.

5. Pesan

Pada iOS 14, Apple melakukan pembaruan Memoji. Opsi usia lebih banyak, aksesoris lebih beragam seperti masker, serta ekspresi wajah yang lebih beragam seperti marah, malu, senang, dll. Disediakan lebih dari 20 gaya rambut lho. Pembaruan kecil ini cukup sederhana tapi bisa jadi akan membuat iOS 14 jadi lebih menarik. Barangkali Anda suatu hari ingin hanya berkomunikasi melalui Memoji. Selain itu, obrolan grup di iMessage kini juga memiliki daftar balasan yang memungkinkan pengguna untuk langsung membalas pesan tertentu. Untuk fitur iMessage di iOS 14 ada peningkatan kontrol percakapan dan lebih banyak opsi obrolan grup. Di layar utama iMessage, pengguna dapat menyematkan percakapan penting supaya tetap bertahan jika ada pesan baru masuk. Usai disematkan, percakapan muncul di bagian atas daftar. Sematan itu bisa dihapus kapan pun dengan menggeser ke kanan.

6. Apple Maps

Bagi pengendara mobil, sepeda motor dan transportasi umum bahkan pejalan kaki sudah dapat menggunakan petunjuk arah melalui Apple Maps. Tetapi bagi pesepeda belum ada. Nah, pada iOS 14 bakal disediakan penunjuk arah bara pesepeda dan kendaraan listrik (EV) lengkap dengan pelacak faktor cuaca dan penunjuk posisi pengisi daya di sepanjang rute perjalanan.

Apple menyebut, kota-kota yang bisa mendapat pelayanan Apple Maps pertama kali antara lain New York City, Los Angeles, San Fransisco, Shanghai, dan Beijing. Jumlah akan bertambah seiring dengan update baru di iOS 14 nantinya.

7. App Clips

App Clips yang memulai debut di iOS 14, ini persis seperti Instant Apps pada Android. Dengan App Clips pengguna iPhone tidak perlu mengunduh sebuah aplikasi untuk mengakses fitur tertentu yang tersedia di aplikasi tersebut. Aplikasi ini merupakan fitur cuplikan yang dapat digunakan oleh berbagai aplikasi untuk memungkinkan pengguna melakukan hal-hal seperti memindai kode, membeli barang, atau melakukan pembayaran online.

Demikian sejumlah pembaruan besar iOS 14 untuk iPhone. Tapi Blackpals, menurut keterangan lebih lanjut dari Apple, ternyata tidak semua perangkat akan menikmati pembaruan tersebut. Nah, berikut ini daftar iPhone yang mendapatkan iOS 14: iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone SE (1st generation), iPhone SE (2nd generation), dan iPod touch (7th generation). [asl/timBX]

Tags :

#
pembaruan besar ios 14,
#
wwdc 2020,
#
pembaruan apple