MENU
icon label
image label
blacklogo

Apple Luncurkan MacOS Big Sur 2020

JUL 01, 2020@15:00 WIB | 265 Views

Produsen elektronik Apple, belum lama ini merilis software baru untuk Mac yang diberi nama MacOS Big Sur. Perilisan berlangsung dalam acara Worldwide Developer Conference (WWDC) 2020, yang digelar secara virtual untuk pertama kalinya pada Selasa, 23 Juni lalu.

Apple masih melanjutkan tradisi untuk menyematkan nama sebuah landmark untuk MacOS buatannya, seperti halnya MacOS Mojave dan Catalina. Big Sur sendiri merupakan salah satu obyek wisata di California, yang memiliki pantai, air terjun, dan tebing yang indah.

Nama Big Sur mulai dikenal sejak menjadi latar serial Big Little Lies yang disiarkan oleh HBO. Obyek wisata ini merupakan bentang pegunungan batu kars panjang di pantai tengah California, yang berbatasan dengan timur pegunungan Santa Lucia dan barat Samudra Pasifik.

Kembali ke software, MacOS Big Sur menjadi nama resmi untuk MacOS 11 menggantikan MacOS X (MacOS 10). MacOS Big Sur mendapatkan perbaikan UI yang membawanya lebih dekat ke iOS dalam gaya. Ini terlihat dari ikon aplikasi yang berbentuk persegi dengan sudut membulat, serta sedikit bayangan yang mengensankan bentuk 3D. Akan ada lebih banyak transparansi dan ikon aplikasi di Dock, yang terlihat mirip dengan rekan iOS mereka.

MacOS Big Sur juga membawa Control Center ke macOS untuk pertama kalinya dengan akses cepat lewat dukungan tombol dropdown untuk menampilkan control panel seperti di iOS. Tombol tersebut terletak di sisi atas layar sehingga pengguna bisa mengatur kecerahan layar, volume, mode malam, WiFi, dan banyak lagi, hanya dengan satu klik.

Untuk fitur Messages, peningkatannya mengikuti pembaruan software di iOS 14 dan iPadOS 14. Seperti aplikasi perpesanan yang kini dilengkapi dengan stiker memoji, efek, dan pesan yang bisa disematkan dan dihubungkan antar perangkat. Apple juga memperbarui Maps yang kini mendukung peta di dalam ruangan, panduan perjalanan, dan lokasi favorit.

Untuk browsing, peramban Safari bisa memonitor kata sandi yang disimpan pengguna untuk berjaga-jaga, apabila password dibobol. Ada pula tombol Privacy Report yang akan memberi tahu data apa saja yang dilacak situs yang baru saja dikunjungi. Apple juga sedikit merombak sistem ekstensi di peramban  dengan memberikan sejumlah batasan akses untuk pengembang ekstensi.

Mac yang kompatibel untuk MacOS Big Sur adalah rilisan tahun 2013 hingga sekarang, untuk MacBook, MacBook Air, Macboox Pro, Mac Mini, iMac, iMac Pro, dan Mac Pro. Software ini akan dirilis untuk umum pada Juli 2020. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
macos big sur,
#
worldwide developer conference,
#
wwdc 2020,
#
pembaruan besar apple