MENU
icon label
image label
blacklogo

Peluncuran Prosesor Intel 7nm Ditunda Hingga 2022

JUL 26, 2020@10:00 WIB | 101 Views

Intel baru saja mengumumkan perubahan dalam roadmap produk mereka. Perubahan ini terjadi sebagai imbas dari laporan hasil keuangan kuartal kedua, yang mengalahkan ekspektasi pasar dengan seperempat bisnis yang solid dari penyedia layanan cloud. Laba saham non-GAAP Q2 pembuat chip itu mencapai $ 1,23 pada pendapatan $ 19,7 miliar, naik 20 person tahun-ke-tahun.

"Itu adalah kuartal yang sangat baik, jauh di atas harapan kami pada permintaan yang kuat untuk kinerja komputasi untuk mendukung layanan cloud, lingkungan kerja dan belajar di rumah, dan pengembangan jaringan 5G," CEO Bob Swan kata dalam sebuah pernyataan. "Di dunia kita yang semakin digital, teknologi Intel sangat penting bagi hampir setiap industri di planet ini."

Menanjaknya pendapatan malah membuat Intel menyesuaikan peta perjalanan produknya. Salah satu keputusannya adalah dengan menggeser waktu produk CPU berbasis 7nm sekitar enam bulan dan meningkatkan transisi produk 10nm.

Produk 7nm pertama Intel, CPU klien, sekarang diperkirakan akan mulai dikirim pada akhir 2022 atau awal 2023, kata CEO Bob Swan pada panggilan konferensi Kamis (23/7). Perusahaan mengharapkan pengiriman produksi awal dari desain CPU pusat data 7nm pertama akan terealisasi pada paruh pertama 2023.

Intel terpaksa menunda kembali peta jalan produk 7nm setelah mengidentifikasi mode cacat dalam proses 7nm yang mengakibatkan penurunan hasil. Hasil dari proses 7nm Intel sekarang telah mundur sekitar 12 bulan di belakang target internal perusahaan.

"Kami telah root akar masalah, dan percaya tidak ada penghalang mendasar," kata Swan. "Tetapi kami juga telah berinvestasi dalam rencana darurat untuk melakukan lindung nilai terhadap ketidakpastian jadwal lebih lanjut. Kami telah mengurangi dampak keterlambatan proses pada jadwal produk kami dengan memanfaatkan peningkatan dalam metodologi desain, seperti disagregasi mati dan pengemasan canggih."

Berita penundaan itu menyebabkan saham Intel tenggelam dalam perdagangan. Penundaan ini sekaligus jadi tantangan Intel untuk beralih ke produk 10nm. Tak dapat dipungkiri, banyak pihak yang mengkritisi hal ini mengingat Intel telah menunda perilisan produknya beberapa kali.

"Kami telah melihat film ini sebelumnya," aku Swan. "Kami telah belajar dari tantangan dalam transisi 10nm kami, dan kami memiliki pendekatan yang digerakkan oleh tonggak untuk memastikan daya saing produk kami tidak terpengaruh oleh peta jalan teknologi proses kami."

Sementara itu, Intel berfokus pada portofolio prosesor Intel Core 10nm yang semakin berkembang, dengan "Tiger Lake" yang akan diluncurkan dan CPU server pertama berbasis 10nm "Ice Lake" pada akhir tahun. [yub/asl/timBX]

Tags :

#
prosesor intel 7nm,
#
peluncuran prosesor intel,
#
cloud