MENU
icon label
image label
blacklogo

Microsoft Akan Hadirkan Fitur Streaming Game Berbasis Cloud

SEP 19, 2023@14:00 WIB | 341 Views

Raksasa teknologi, Microsoft akan menghadirkan fitur baru yang berkaitan dengan dunia streaming dan gaming. Mereka berencana akan menghadirkan fitur streaming game PC yang memanfaatkan basis Cloud.

Melansir The Verge, Senin (18/9/2023), disebutkan bahwa streaming game berbasis Cloud ini masih terbatas pada game yang memiliki layanan XBox Cloud. Artinya game yang bisa memanfaatkan streaming berbasis cloud ini masih terbatas pada game seri X dan S.

Disebutkan bahwa game ini akan memanfaatkan server Azure yang sudah dibuat oleh Microsoft dan XBox. Disebutkan server ini akan memanfaatkan XBox Cloud Gaming yang akan menyambungkan konsol XBox dengan PC.

Banyak yang menyebut alasan Microsoft menghadirkan streaming game berbasis Cloud ini karena Google. Diketahui, Google sebelumnya mengubah layanan gaming Stadia menjadi sebagai layanan atau platform streaming yang sama-sama menggunakan basis Cloud.

Dalam menghadirkan layanan ini, CEO Microsoft, Satya Nadella mengajak beberapa petinggi XBox dan Microsoft untuk menyempurnakan streaming game berbasis Cloud ini. Diantaranya seperti Kepala XBox, Philo Spencer, Kepala Cloud Gaming Microsoft, Kareem Choudhry, serta Kepala Pembuat XBox, Sarah Bond.

Pengembangan ini sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun 2021 silam. Mulai dari menguatkan server Azure serta penguatan jaringan dan penambahan fitur di Game Pass PC. 

Belum diketahui kapan Microsoft akan menghadirkan fitur streaming game berbasis cloud ini. Sebelumnya Microsoft sempat berencana untuk menghadirkan XBox Cloud Gaming yang menggunakan basis berlangganan di tahun 2022 silam. Namun rencana tersebut urung dilakukan karena berbagai pertimbangan. [edo/timBX]

Tags :

#
microsoft,
#
streaming,
#
game,
#
cloud,
#
xbox

X