MENU
icon label
image label
blacklogo

Oppo Memperlihatkan Kamera Next-Gen Terbarunya dengan Sensor RGBW

SEP 04, 2021@12:00 WIB | 112 Views

Oppo baru saja melakukan showcase untuk memamerkan teknologi kamera next-gen yang akan diluncurkan pada ponsel terbaru mereka, termasuk sensor gambar, dan modul zoom optik yang terintegrasi.

Direktur Oppo, Simon Liu memperkenalkan sensor RGBW sebagai pengembangan pencitraan pertama bagi Oppo, dimana sensor ini 50 persen piksel RGGB dalam susunan telah diganti dengan sub-piksel  putih yang bertujuan memberikan gambar lebih jelas dan cerah pada resolusi rendah.

Teknologi ini pertama kali diperkenalkan pada smartphone Oppo dengan sensor Sony IMX278 yang digunakan R7 Plus 2015. Sayangnya, ponsel ini mengalami masalah akurasi warna.

Baca juga: Oppo Watch 2 akan Memiliki Daya Tahan Baterai Hingga 16 Hari

Untuk mengatasinya, para insinyur Oppo menggunakan teknologi isolasi piksel untuk menghilangkan crosstalk sinyal yang mengganggu dan menggabungkannya dengan algoritma binning piksel yang tertanam dalam sensor untuk mengurangi moirê sekaligus meningkatkan akurasi warna.

Hasilnya, perusahaan memperhitungkan bahwa 60 persen lebih banyak cahaya yang diterima sensor dibandingkan dengan sensor RGB sebelumnya, dan adanya pengurangan kebisingan 35 persen.

Baca juga: Memo yang Bocor Mengonfirmasi OnePlus akan Jadi Sub-Merek Oppo

Modul zoom optik yang ada mampu melihat subjek dari jarak jauh dan membantu menstabilkan sasaran kamera setara 85-200 mm. Oppo mengadopsi G+P yang menggerakkan lensa di dalam modul untuk transisi yang lebih mulus dan kualitas gambar profesional.

Sensor baru ini akan mulai masuk ke produk Oppo pada kuarter keempat 2021.[geo/shf/timBX]

Tags :

#
oppo,
#
camera oppo,
#
kamera next-gen,
#
sensor rgbw