MENU
icon label
image label
blacklogo

Nokia Debut di Segmen Laptop Dengan Merilis Purebook X14

DEC 22, 2020@09:00 WIB | 659 Views

Setelah sekian lama berkecimpung di segmen ponsel, Nokia kini mengembangkan sayap ke segmen laptop. Produk pertamanya yang disebut Nokia Purebook X14, dikabarkan memulai debuntya di pasar India. Perangkat ini didukung oleh Intel Core i5 10210U generasi ke-10 berkecepatan 4,2 GHz.  Perangkat datang dengan grafis terintegrasi UHD 620, yang tersimpan dalam bodi perpaduan magnesium-aluminium berbobot 1,1 kg.

Purebook X14 hadir dengan LCD IPS 14 inci dengan resolusi 1920 x 1080 pixel, dan webcam HD IR dengan pengenalan wajah Windows Hello. Layarnya hadir dengan screen to body ratio sebesar 86 peren dan 178 derajat viewing angles.

Keyboard perangkat dilengkapi dengan lampu latar dilengkapi kecerahan yang dapat disesuaikan dengan key travel 1,4 mm. Ada juga RAM 8GB DDR4 dan SSD NVMe 512 GB sebagai memori standar. I/O terdiri dari dua port USB 3.1, dengan satu port USB 2.0 dan satu USB 3.1 tipe-C. Ada juga port Ethernet, kombo headphone atau mic-in, HDMI ukuran penuh, dan port pengisian daya.

Anda mendapatkan baterai 46,7 WHr yang diklaim dapat bertahan 8 jam dengan sekali pengisian daya dan ditenagai oleh pengisi daya 65 W. Sisi perangkat lunak dilindungi oleh Windows 10 Home Plus.

“Kami sangat senang dapat menawarkan pelanggan di India sebuah laptop bermerek Nokia yang menghadirkan inovasi di pasar elektronik,” kata Vipul Mehrotra selaku VP for Brand Partnerships Nokia, dalam sebuah pernyataan.

Nokia Purebook X14 telah dijual mulai 18 Desember lalu, dengan harga peluncuran $815 dolar AS atau setara Rp11,5 juta rupiah. Laptop ini mulai dipasarkan secara eksklusif di India melalui e-commerce Flipkart.

Pasaran laptop di India saat ini didominasi oleh merek-merek lama seperti Lenovo, HP, dan Dell. Ketiganya menguasai market share lebih dari 70 persen. Namun belakangan ada beberapa pemain baru. Selain Nokia, Xiaomi sudah lebih dulu menghadirkan produk laptop.

Menurut firma riset pasar IDC, angka pengiriman PC di India mencapai 3,4 juta unit di kuartal yang berakhir pada September 2020. Ini menunjukkan ada kenaikan 9,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Dengan data perkembangan ini, semoga saja Nokia berhasil mendapatkan perhatian konsumen India dan mulai memantapkan diri di segmen laptop. Kita masih menunggu ulasan dari konsumen, untuk menilai respon pasar hingga akhirnya laptop Nokia menyambangi negara lain. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
purebook x14,
#
nokia,
#
laptop nokia,
#
spesifikasi purebook-x14