MENU
icon label
image label
blacklogo

Membersihkan Panel Surya Yang Sulit Jadi Lebih Mudah dengan Menggunakan Drone

DEC 09, 2021@10:30 WIB | 547 Views

Panel surya terus menerus mengumpulkan debu, kotoran, dan puing-puing lainnya, ditambah lagi mereka sering terletak di atas gedung tinggi atau di daerah terpencil.

Ini menandakan bahwa mereka perlu dibersihkan, tetapi sulit melakukannya. Itu sebabnya setup berbasis drone sekarang sedang dikembangkan untuk melakukan pekerjaan tersebut. Sistem tipe "drone-in-a-box" sedang dibuat melalui kolaborasi antara perusahaan layanan pertanian surya Israel Solar Drone dan produsen drone Israel Airobotics.

Baca juga: Mavic 3, Drone Terbaru Keluaran DJI dengan Tiga Versi

Ini akan menggabungkan quadcopter yang ditempatkan di dalam stasiun dok tahan cuaca yang terletak di dekat panel surya yang bersangkutan. Secara berkala, dua pintu di atas stasiun akan terbuka, drone akan keluar darinya dengan platform bertenaga, dan pesawat kemudian akan lepas landas dan terbang ke panel.

Memanfaatkan teknologi seperti sensor LiDAR dan kamera pemetaan, drone selanjutnya akan menyelaraskan dirinya di atas setiap panel, lalu menyemprotnya dengan cairan pembersih sebelum pindah ke panel berikutnya. Setelah tugas pembersihan selesai, pesawat akan mendarat kembali di stasiun dok dan diturunkan ke dalamnya. Jika perlu, sistem robotik kemudian akan mengganti baterainya dengan baterai yang baru diisi, dan mengganti tangki cairan pembersihnya dengan yang sudah penuh.

Baca juga: Selama Terbang Hybrid Drone Ini Bisa Ganti Mode Tethered ke Untethered

Menurut Solar Drone, sistem tersebut harus 25 persen lebih murah daripada menggunakan teknik pembersihan panel lainnya. Dan tidak seperti setidaknya satu pengaturan berbasis drone yang diusulkan sebelumnya, pesawat tidak akan benar-benar menyentuh panel, jadi kecil kemungkinannya untuk merusaknya.[shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
panel surya,
#
membersihkan panel surya,
#
drone,
#
fungsi terbaru drone