MENU
icon label
image label
blacklogo

Keunggulan Smart Wallet Menjaga Aset Kantong Anda

NOV 19, 2021@18:30 WIB | 96 Views

Dengan teknologi canggih, Smart Wallet menawarkan perlindungan ekstra.

Tidak hanya gadget yang semakin canggih, dompet pun sudah mulai disisipi teknologi pintar. Tujuannya untuk meningkatkan keamanan uang dan barang berharga lain yang umumnya disimpan dalam dompet.

Dompet memang salah satu barang penting. Bila terjadi sesuatu dengannya, Anda bisa pusing apa yang harus dilakukan. Satu contoh lumrahnya adalah saat dompet hilang. Semua uang dan kartu di dalamnya juga turut hilang dan Anda akan repot mengurus semuanya lagi.

Namun dengan perpaduan teknologi canggih, masalah ini kemudian diatasi. Produk smart wallet pun hadir. Tidak hanya canggih, produk ini juga menawarkan desain yang menawan. Tidak salah ini adalah perpaduan teknologi dan fashion yang bagus.

Keunggulan Smart Wallet

Smart Wallet memiliki beberapa poin yang membedakannya dengan dompet biasa. Sebagai pengingat, dompet pintar ini adalah dompet fisik yang digunakan sehari-hari. Hal ini berbeda dengan e-wallet yang tersimpan dalam smartphone.

Smart wallet umumnya memiliki beberapa fitur, mulai dari mampu melacak dompet, proteksi RFID untuk menjaga kartu debit dan kredit, desain minimalis, dan lain sebagainya. Berikut adalah keunggulan lengkapnya.

1. Minimalis

Minimalis menjadi keunggulan dompet satu ini karena memaksa Anda mengurangi isinya. Dompet pintar umumnya hanya bisa menyimpan uang yang sedikit dan kartu-kartu.

Bahkan beberapa di antaranya memiliki desain lebih mirip card holder dengan klip kecil untuk uang dengan jumlah sedikit.

Desain seperti ini akan membantu Anda, atau lebih tepatnya memaksa Anda, mengurangi isi dalam dompet. Dompet pun lebih ringan dan lebih tidak terlihat dari luar kantong.

2. Melacak Dompet Hilang Atau Dicuri

Smart wallet umumnya mampu dilacak kembali. Hal ini karena di dalam dompet, ada modul Bluetooth yang bisa dihubungkan ke perangkat Anda.

Lebih tepatnya, dompet hanya memiliki perangkat Bluetooth, sedangkan perangkat mobile Andalah yang memiliki GPS.

Jadi saat dompet dan smartphone Anda terpisah 100-200 kaki (sekitar 30-60 meter), sebuah dering akan berbunyi dan membantu Anda menemukan kembali dompet.

Bahkan saat di luar jangkauan, dompet tetap akan menampilkan posisi terakhir yang terdeteksi.

Fitur pelacakan ini umumnya dimasukkan dalam smart wallet dalam 2 tipe. Tipe pertama adalah yang tertanam langsung dalam dompet. Tipe kedua adalah perangkat eksternal yang dibuat seukuran kartu kredit.

Contoh tracker eksternal antara lain Tile slim, Chipolo Card, dan sebagainya.

3. Proteksi RFID

RFID adalah singkatan dari Radio Frequency Identification. Teknologi satu ini mirip dengan NFC dan sering dipakai untuk pembayaran digital.

Proteksi RFID melindungi kartu-kartu Anda dari “maling elektronik” yang membaca kartu Anda diam-diam lewat dompet atau kain lainnya. Mereka bisa saja mendapatkan informasi Anda tanpa perlu menyentuh Anda sama sekali.

Dompet untuk melindungi RFID memiliki lapisan aluminium dan terkadang kain berbahan besi lainnya untuk memblokir frekuensi RFID. Dan dompet pintar biasa memilikinya.

4. Fitur keamanan lain.

Beberapa smart wallet menawarkan fitur perlindungan ekstra lainnya. Misal dengan tambahan fitur fingertip sensor authentication untuk membuka dompet Anda. Hal ini akan sangat membantu melindungi isi dalam dompet dari pencuri.

Ada juga dompet yang dilengkapi dengan power bank atau power unit lainnya. Selain bisa digunakan untuk mengisi ulang daya smartphone, mereka juga bisa digunakan untuk remote selfie untuk menangkap wajah pencuri dompet ataupun memulai perekaman suara tanpa diketahui orang lain.

Sejak diperkenalkan tahun 2018, tidak salah produk satu ini semakin digemari banyak orang. Teknologi-teknologi yang tertanam di dalamnya memang sangat menggiurkan.

Beberapa merek seperti Ekster, Nomad-Slim, dan Volterman juga sudah tersedia di Indonesia. Jadi jangan sungkan-sungkan untuk mengganti dompet Anda dengan smart wallet.[eve/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
smart wallet,
#
keunggulan smart wallet,
#
e wallet

RELATED ARTICLE