MENU
icon label
image label
blacklogo

Jika Harus Memilih Fitur Kamera, iPhone 13 atau iPhone 13 Pro?

SEP 18, 2021@16:00 WIB | 75 Views

Dalam acara peluncuran California Streaming pada 14 September lalu, Apple mengumumkan kabar yang telah dinanti penggemar setianya.

Ya, itu adalah pengumuman iPhone 13 dan iPhone 13 Pro baru yang disebut-sebut membawa teknologi seluler ke tingkat baru dalam banyak hal. Salah satu yang paling menarik adalah kemampuan kamera baru, dengan optik dan sensor canggih yang mendorong batas kemampuan perangkat seluler ringkas. Seri iPhone 13 sendiri terdiri dari empat model, di mana Anda akan menemukan dua sistem kamera yang berbeda. Sistem kamera ganda terdapat pada iPhone 13 dan iPhone 13 mini, dan sistem tiga kamera untuk iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.

Kita mulai dari model bontot iPhone 13, yang dilengkapi dua kamera belakang 12MP. Satu kamera untuk bidang pandang lebar dan f/1,6 yang terang, sedangkan kamera lainnya adalah ultrawide 120 derajat dengan f/2,4. Lensa kamera dilengkapi kristal safir untuk menahan goresan, ada stabilisasi gambar optik, mampu menangkap gambar cahaya rendah, serta kemampuan menangkap panorama hingga 63MP.

Baca juga: AirPods 3 Tetap akan Meluncur di Tahun Ini

Fitur menarik lainnya adalah adanya smart HDR 4 yang kini mampu mengenali empat orang berbeda dalam frame untuk mengoptimalkan kontras, pencahayaan, dan warna kulit. Deep Fusion aktif secara otomatis dalam situasi pencahayaan yang menantang untuk menganalisis eksposur dan meningkatkan kualitas foto. Dalam hal video, iPhone 13 dasar mampu merekam video 4K hingga 60fps dan 1080p hingga 240fps. Fitur tambahan termasuk QuickTake Video, Audio Zoom, time lapse dan night time lapse.

Kini beralih ke iPhone 13 Pro yang dilengkapi tiga kamera dengan resolusi 12 MP yang sama. Tetapi ada peningkatan nilai aperture f/1,5 untuk kamera lebar dan f/1,8 untuk kamera ultrawide. Model 13 Pro juga menambahkan kamera telefoto setara 77mm dengan aperture f/2,6 yang memberi total rentang zoom 6x antara ultrawide dan telefoto. Macrophotography adalah bagian besar dari iPhone 13 Pro, karena kamera ultrawide-nya dapat fokus hingga 2cm untuk foto dan video close-up. Kamera lebar ini memiliki sensor lebih besar, aperture sangat terang, dan pemindai lidar untuk fotografi cahaya rendah atau malam. Adapun mode sinematik pada 13 Pro juga ditingkatkan dengan kamera-kamera superior dan penambahan kemampuan telefoto.

Baca juga: Apple Watch Series 7 Akhirnya Diluncurkan Secara Resmi Tanpa Perubahan Signifikan pada Desain

Peningkatan lainnya adalah kemampuan mengambil foto Apple ProRAW dan video ProRes hingga 4K pada 30 fps, meskipun hanya model penyimpanan 256GB ke atas yang mendukung hal ini. Sisi positifnya, tidak ada perbedaan antara Pro dan Pro Max, dan kemampuan video lainnya mencerminkan iPhone 13 dasar. Jadi, manakah yang akan Anda pilih? Jika sudah memutuskan, silakan lakukan pre-order untuk mendapatkan model baru iPhone 13 pilihan Anda.[yub/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
kamera,
#
kamera iphone,
#
kamera hp,
#
fitur kamera,
#
iphone 13,
#
iphone 13 pro