MENU
icon label
image label
blacklogo

Jepang Memecahkan Rekor Internet Tercepat dengan Kecepatan 319 TB/S

JUL 21, 2021@17:00 WIB | 271 Views

Tergantung di mana tempat anda, kecepatan internet anda mungkin akan berbeda-beda. Tentu saja ada banyak faktor yang perlu diperhatikan saat akan melihat seberapa cepat internet anda, contohnya, seperti berapa banyak orang yang menggunakannya di dekat anda, jenis modem/router yang digunakan, apakah anda menggunakan WiFi atau LAN?, dan sebagainya, tapi tetap saja, kami ragu di tempat yang sekarang anda singgahi akan mampu mencapai apa yang baru saja dilakukan Jepang.

Beberapa waktu lalu, negeri para samurai itu berhasil memecahkan rekor kecepatan internet dengan kecepatan yang tidak tanggung-tanggung, yaitu 319 terabit per detik. Ini hampir dua kali lipat dari yang sebelumnya mereka capai pada tahun 2020, saat itu kecepatan internet mereka mencapai 178Tb/dtk. Kecepatan tersebut cukup gila, jika dicontohkan, anda dapat mengunduh ribuan film dalam kualitas HD hanya dalam waktu satu detik. Kecepatan tersebut dapat dicapai, sudah pasti karena tempat internet tersebut sangat memadai, yaitu di sebuah lab untuk penelitian, jika kecepatan tersebut beredar di tempat umum sepertinya mustahil, setidaknya untuk saat ini.

Untuk mencapai kecepatan tersebut, para peneliti mengandalkan teknologi serat optik. Mereka juga menggunakan beberapa teknologi eksperimental, di mana alih-alih satu inti di dalam kabel serat optik, untaian ini datang dengan empat inti yang memainkan peran sangat penting. Mereka juga menggunakan 552-channel comb laser yang ditembakan pada beberapa panjang gelombang untuk mendorong amplifier yang terbuat dari mineral bumi langka.

Menurut para peneliti, “4-core [multi-core fiber] dengan diameter cladding standar menarik untuk adopsi awal serat [space division multiplexing] dalam high throughput, serta long-distance link, karena kompatibel dengan infrastruktur kabel konvensional. dan diharapkan memiliki keunggulan mekanis yang sebanding dengan serat mode tunggal.”. [era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
jepang,
#
internet speed,
#
rekor,
#
inovasi teknologi