MENU
icon label
image label
blacklogo

Jangan Terlewat, Ini Cara Mengoperasikan Fitur-Fitur Baru WhatsApp

JUL 02, 2020@19:05 WIB | 823 Views

Aplikasi  layanan perpesanan (chatting) instan, WhatsApp yang sebelumnya dikabarkan sedang melakukan uji coba 6 fitur terbaru untuk memudahkan penggunanya. Ternyata sebagian dari fitur tersebut telah dapat digunakan oleh pengguna Aplikasi chatting WhatsApp.

Kendati demikian beberapa fitur baru WhatsApp ini masih sedang dalam proses penyempurnaan. Karenanya fitur ini baru disediakan secara berkala untuk pengguna WhatsApp. Nah, bagi pengguna yang sudah tersedia fitur-fitur tersebut, mari kita sima cara atau langkah-langkah penggunaannya.

1. Dark Mode

Dalam artikel terdahulu, dilaporkan bahwa WhatsApp akan menerapkan warna baru bubble (gelembung) percakapan saat mode gelap atau dark mode diaktifkan. Hasil screenshot WABetaInfo menunjukkan ada warna baru yang sedikit berubah. Kini, gelembung perpesanan masuk dengan dark mode masih berwarna keabu-abuan untuk versi WhatsApp 2.20.189 perangkat android. Sementara untuk pesan terkerim berwarna hijau gelap. Nampaknya, uji coba mode gelap ini masih berlangsung. Lantaran belum juga ada kabar WhatsApp akan merilisnya.

Akan tetapi, WhatsApp telah meluncurkan mode gelap untuk versi web dan desktop. Di mana fitur ini sebelumnya hanya tersedia di aplikasi smartphone. Pembaruan ini bertujuan untuk memberi efek nyaman pada pengguna saat mengakses WhatsApp di komputer di malam hari. Nah, cara penggunaanya cukup mudah. Pertama, tekan titik tiga di bagian kiri atas WhatsApp Web; kemudian pencet opsi pengaturan/setting; lalu tekan opsi Chats; muncul opsi Theme; lalu pilih mode gelap (Dark Mode)

2. QR Code

Bagi para generasi perpesanan BBM alias BlackBerry Mesenger tentu sudah familiar dengan QR Code atau Kode QR. Nah, untuk kenyamanan pengguna supaya lebih efisien ketika hendak menambah kontak baru, WhatsApp menyediakan fitur baru berupa kode QR. Jika selama ini untuk menambahkan kontak baru harus ketik nomor satu persatu, sekarang tinggal memindai kode QR.

Cara menggunakannya tinggal menekan ikot tiga titik tiga di bagian kanan atas. Lalu tekan Setting, segera muncul ikon kode QR. Mudah sekali bukan, BlackPals! Selain mudah, WhatsApp juga memberikan dua pilihan untuk para pengguna, yaitu  My Code (kode milik pengguna) dan di ada Scan Code (kode milik pengguna lain untuk ditambahkan).

3. Stiker Animasi

Hal menggelikan di WhatsApp Group belakangan ini adalah percakapan tanpa bahasa. Artinya, anggota Grup hanya saling berbalas Stiker Animasi. Bagi sebagian pengguna WhatsApp, untuk berkomunikasi terkadang bahkan sering cukup dengan menggunakan stiker. Pasalnya, ada sensasi tersendiri ketika mengirim dan menerima pesan berupa stiker. Selain membuat komunikasi lebih menyenankan juga dapat menunjukkan ekspresi kepada lawan komunikasi di seberang layar. Dalam sehari, ada miliaran stiker telah dikirim pengguna WhatsApp.

Cara menggunakan stiker yang kabarnya bakal tersedia nanti bisa jadi tidak jauh berbeda dengan cara pengiriman stiker statis yang sedang pengguna paka selama ini. Jadi, tinggal memilih kontak tujuan lalu tekan emoticon senyum di bagian kiri kotak pesan. Selanjutnya, tekan ikon stiker di samping GIF yang otomatis muncul pilihan stiker animasi.

4. Panggilan Video Grup

Fitur baru yang sangat berguna bagi pengguna WhatsApp ialah kapasitas WhatsApp Call Group yang awalnya hanya bisa untuk 4 orang peserta. Sekarang WhatsApp menambahkan kapasitas anggota untuk panggilan video WhatsApp menjadi 8 orang peserta. Bahkan ada pula fitur-fitur yang dapat mempermudah pengguna untuk melakukan WhatsApp Call Group.

Fitur itu ialah ketika mau fokus ke layar peserta tertentu, bisa langsung menekan dan menahan video peserta itu untuk memaksimalkan videonya ke layar penuh. Kemudian, WhatsApp pun melengkapi ikon video di grup chat dengan 8 peserta atau kurang. Ikon ini tinggal ditekan jika pengguna akan memulai panggilan video grup. Sangat mudah sekali bukan! [asl/timBX]

Tags :

#
fitur baru whatsapp,
#
stiker animasi whatsapp,
#
kode qr whatsapp