MENU
icon label
image label
blacklogo

Inilah Chromebook Terbaik yang Bisa Dibeli di Tahun 2020 (Part 1)

SEP 23, 2020@09:00 WIB | 220 Views

Perangkat Chromebook sekarang ini telah banyak bertebaran hingga kitapun bisa bebas memilih yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan tentunya. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Chromebook terbaik bukan hanya laptop yang bisa menjalankan beberapa aplikasi Android lagi. Chromebook dikatakan bisa memenuhi berbagai macam kebutuhan komputasi sekarang, dan lebih dari sekedar laptop Windows yang biasa saja.

Memang pada dasarnya banyak orang sebenarnya menginginkan Chromebook yang bagus namun dengan harga  yang layak tentunya. Banyak dari Chromebook terbaik sekitar USD$ 300 - 600, meskipun ada opsi bagus dalam kisaran yang lebih tinggi dan lebih rendah juga. Uang ekstra akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan sesuatu yang Anda sukai.

Untuk pertama kalinya, kualitas Chromebook dalam kisaran harga tersebut cukup konsisten. Ada begitu banyak kesamaan antara penawaran dari Asus, Lenovo, Google, HP, Dell, dan Samsung sehingga orang yang berpikiran konspirasi mungkin menyarankan mereka semua mengambil komponen dari pabrik yang sama. Dan hal ini merupakan hal yang baik karena Anda bisa melakukan perbandingan saat hendak berbelanja. Berikut ini daftar Chromebook terbaik yang bisa Anda pilih dan beli di tahun 2020;

Acer Spin 713

Acer Spin 713 adalah Chromebook terbaik yang dapat Anda beli pada tahun ini. Dengan layar 3:2 menawan yang mampu menyaingi beberapa pesaing yang lebih mahal, juga bisa memberikan banyak ruang vertikal ekstra untuk pekerjaan dan multitasking. Keyboardnya nyaman dan lembut serta ada cahaya latar yang bagus. Bahkan ada port HDMI, yang tidak Anda lihat di semua perangkat Chromebook yang tipis dan juga memiliki prosesor Intel Generasi ke-10 yang dapat menangani banyak tab tanpa masalah. Namun kelemahannya ada pada Speaker Spin-nya yang tidak bagus, dan tidak ada login biometrik, tapi itu adalah pengorbanan yang wajar untuk membuat laptop dengan harga USD$ 600-an atau sekitar 9 jutaan Rupiah.

Asus Flip C434

Asus memiliki sejarah yang kuat dalam memproduksi Chromebook yang bagus, tetapi seri C434 adalah sesuatu yang istimewa. Yang paling unik di antara kelas laptop ini adalah menawarkan layar 14 inci yang besar dalam bodi yang ukurannya lebih dekat dengan model 13 inci. Desain bodi ini bertujuan meminimalkan luas bezel di sekitar layarnya  seperti yang dilakukan oleh laptop-laptop Windows terbaik belakangan ini. Ini memiliki keyboard bagus untuk mengetik, meskipun memiliki masalah yang mengganggu karena sulit dilihat dalam pencahayaan redup karena lampu latar berwarna sama dengan tombolnya. Trackpadnya akurat, dan juga memiliki port USB-A plus dua port USB-C yang berada di sisi berlawanan dari laptop. Bahkan ada slot kartu microSD untuk penyimpanan yang bisa diperbesar  dan dibekali prosesor paling kuat yang bisa Anda dapatkan di perangkat Chromebook dalam kisaran harga USD$ 600-an ini.

Lenovo Duet

Jika Anda mencari perangkat yang terjangkau untuk pekerjaan saat bepergian, Lenovo Duet memberikan nilai luar biasa dengan harga rendah. Ini adalah perangkat 2-in-1 dengan layar 10,1 inci yang sangat portabel dengan keyboard dan penutup penyangga yang dapat dilepas. Perangkat ini dibekali prosesor MediaTek Helio P60T, RAM 4 GB, dan penyimpanan hingga 128 GB, dan bekerja dengan baik jika Anda hanya menjelajah dan tidak berencana menggunakan beban yang super berat. Ini juga menggunakan versi Chrome OS yang dibuat untuk faktor bentuk konvertibelnya, termasuk versi pertama Chrome yang dioptimalkan untuk penggunaan tablet. Saat terlepas dari keyboardnya, Chromebook yang seharga USD$ 299 atau sekitar 4 jutaan Rupiah ini juga mendukung sistem navigasi gerakan Android-esque yang membuat peralihan antar aplikasi menjadi mudah. Namun fitur yang paling mengesankan adalah masa pakai baterai yang mampu bertahan hingga 11,5 jam. Dan kekurangannya adalah Touchpad dan keyboard cukup kecil, tidak adanya jack headphone (dan hanya satu port USB-C), dan cahaya layar yang agak redup. [inn/as/timBX]

Tags :

#
chromebook,
#
acer spin 713,
#
asus flip c434,
#
lenovo duet,
#
inovasi teknologi,
#
teknologi inovatif