MENU
icon label
image label
blacklogo

Google Mulai Menghapus Aplikasi yang Bisa Disalahgunakan Untuk Menguntit

JUL 21, 2019@10:05 WIB | 137 Views

Di zaman sekarang ini, untuk bisa mendapatkan informasi tentang seseorang secara online cukup mudah. Terutama ketika di era media sosial, semua orang tampaknya lebih dari sekadar bersedia untuk berbagi kehidupan pribadi mereka dengan orang asing di internet. Namun ini pada ujung lain telah menciptakan masalah di mana menguntit seseorang dari kenyamanan rumahnya sendiri telah menjadi sesuatu yang mudah dilakukan siapapun.

Melihat perkembangan situasi tersebut, Google ingin mengurangi itu. oleh karenanya mereka mengambil langkah dengan telah menghapus banyak aplikasi yang dulu dapat ditemukan di Google Play Store yang berpotensi memungkinkan pengguna untuk menguntit orang lain. Ini didasarkan pada laporan dari Avast di mana mereka menemukan bahwa setidaknya ada tujuh aplikasi di Play Store yang memiliki kemampuan untuk melacak dan mengirim data lokasi, bersama dengan kontak pribadi, log panggilan Anda, dan bahkan pesan teks Anda.

Masalah dengan aplikasi ini adalah bahwa mereka sering menyamar sebagai aplikasi yang tidak berbahaya, di mana menurut Avast, salah satu aplikasi yang terlibat menyamar sebagai cara untuk menjaga anak-anak tetap aman. Menurut Nikolaos Chrysaidos, Head Of Mobile Threat Intelligence and Security Avast, "beberapa aplikasi ini ditawarkan sebagai aplikasi kontrol orang tua, tetapi deskripsi mereka menggambarkan hal yang berbeda. Ada yang menyamarkan dengan memberi tahu pengguna bahwa aplikasi memungkinkan mereka untuk mengawasi para penipu."

Karena itu, Google telah mulai menghapus aplikasi yang telah terdekteksi berbahaya. Meskipun demikian kita bisa yakin bahwa ini adalah masalah yang mungkin tidak akan pernah hilang atau setidaknya tidak dengan cepat. Jadi pada saat mengunduh aplikasi, Anda mungkin ingin memeriksa ulasan untuk mencari tanda-tanda peringatan. Jangan lupa juga untuk membaca juga uraian izin yang aplikasi tersebut minta diperbolehkan untuk mereka lakukan. Lebih baik waspada sejak awal demi keamanan di masa depan.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
google,
#
google play store,
#
stalker,
#
avast