MENU
icon label
image label
blacklogo

Google Maps Kini Berteknologi Augmented Reality

AUG 09, 2019@15:25 WIB | 155 Views

Google Maps akhirnya meluncurkan navigasi berpadu dengan augmented reality (AR) ke audiens yang lebih luas. Fitur ini pertama kali diumumkan di Google I / O 2018 . Lalu pada bulan Februari kemarin, Google mulai menguji fitur navigasi AR yang memanfaatkan kamera ponsel untuk melapisi arah yang mengarah ke tujuan pengguna. Fungsionalitas ini sebenarnya telah tersedia secara terbatas selama beberapa bulan terakhir, dan perusahaan tersebut sekarang meluncurkannya secara lebih global setelah pengujian yang sukses. Bersamaan dengan itu, mereka memberinya nama: Live View. Fitur ini diluncurkan sebagai layanan beta untuk semua pengguna dengan perangkat Android dan iOS yang mendukung ARCore dan ARKit mulai minggu ini.

Fitur navigasi AR Live View dimaksudkan untuk membantu memulai navigasi berjalan Anda. GPS sangat bagus untuk menyematkan lokasi Anda di peta, tetapi tidak ada apapun pada GPS yang menentukan arah ke mana Anda menghadap. Untuk membantu dengan ini, ponsel memiliki kompas bawaan, yang seharusnya memakukan arah Anda, tetapi kompas seluler, terutama di ponsel Android, agak payah. Kompas di smartphone dapat membuat pembacaan akurat sulit didapat. Ketika Anda berjalan keluar dari sebuah gedung dan hanya ingin tahu apakah langkah pertama Anda adalah ke kiri atau kanan, menonton kompas Anda berputar-putar tak berdaya dalam lingkaran tentu tidak membantu.

Jadi Google Maps Live View melempar semua kompas ke jendela dan sebagai gantinya menangani directional heading dengan kamera dan sensor. Google menyebut sistem ini VPS, atau "Visual Positioning System. GPS ponsel mempersempit lokasi Anda, mengarahkan kamera Anda ke dunia, dan Google mencocokkan rekaman kamera dengan sejumlah besar data visual yang dimilikinya dari Street View. Ini memberi VPS posisi dan arah Anda dalam ruang 3D, dengan asumsi Google memiliki data untuk lokasi Anda. Itu membuatnya jauh lebih akurat daripada kompas.

Karena Anda menggunakan kamera, sekalian saja menampilkan antarmuka augmented reality yang sangat keren di layar ponsel. Google lalu akan menggunakan gambar yang ditangkap kamera di atas peta dan menggambar panah arah tujuan. Google mengatakan fitur Maps baru ini akan diluncurkan buat perangkat Android dan iOS yang mendukung ARCore dan ARKit.

Jadi jika Anda memiliki perangkat yang kompatibel dan fungsionalitas tersedia, cukup cari tujuan Anda, klik Directions -> Walking Directions -> Live View untuk mencobanya. Sayangnya, fitur itu saat ini hanya ditujukan untuk navigasi berjalan. Tetapi beberapa produsen mobil telah menerapkan navigasi AR di kendaraan mereka, jadi tidak ada alasan bagi Google untuk tidak mengimplementasikannya juga di masa depan.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
google,
#
google maps,
#
live view,
#
augmented reality,
#
ar