MENU
icon label
image label
blacklogo

Fitur Scan Wajah Facebook Tidak akan Lagi Dipasang Secara Default

SEP 04, 2019@18:32 WIB | 103 Views

Facebook secara otomatis membuat sistem pengenalan wajah di aplikasinya. Ya, mulai hari ini aplikasi sosial media tersebut telah resmi meluncurkan pengaturan privasi fitur baru Pengenalan Wajah (Face Recognition). Fitur ini pertama kali telah diperkenalkan pada Desember 2017 lalu, untuk semua pengguna. Jika fitur baru Pengenalan Wajah Anda dihidupkan, maka Facebook akan memberi tahu Anda bila ada seseorang mengunggah foto Anda, bahkan jika Anda tidak ditandai atau di-tag. Kemudian Anda pun dapat menandai diri sendiri, meskipun tetap tidak ditandai, atau bahkan bisa melaporkan foto tersebut adalah sesuatu yang ingin Anda hilangkan.

Sebagaimana yang telah dilansir The Verge, Facebook juga tengah berharap kalau pihaknya akan bisa menyelesaikan peluncuran sistem fitur Face Recognition  ini selama beberapa minggu ke depan secara global. Apabila saat ini Anda belum memiliki pengaturan Pengenalan Wajah, Facebook mengatakan Anda akan mendapatkan pemberitahuan tentang hal itu di Umpan Berita akun Anda dan memberi Anda opsi untuk mengaktifkannya dari pemberitahuan itu. Khususnya, bila Anda tidak membuat pilihan ketika Anda melihat pemberitahuan, Pengenalan Wajah tidak akan dihidupkan. Facebook mengatakan pengguna baru juga akan memiliki fitur pengenalan wajah yang tidak digunakan secara default ini. Opsi baru ini akan segera tersedia di menu pengaturan pada aplikasi Facebook nantinya.

Dan fitur Pengenalan Wajah (Face Recognition) ini akan menggantikan fitur Saran Tag (Tag Suggestions), yang memungkinkan Anda memutuskan apakah teman akan melihat saran untuk memberi tag Anda pada foto ketika mereka mengunggahnya. Pengaturan Pengenalan Wajah yang baru ini akan memperluas tentang apa-apa yang ditawarkan oleh fitur Tag Suggestions sebelumnya, tetapi juga bakal menyatakan secara lebih eksplisit bahwa pengenalan wajah sedang dilakukan pada foto yang diunggah ke Facebook.

Sebelumnya Facebook telah mendapat masalah hukum beberapa waktu yang lalu karena gagal mengungkapkan praktik pengenalan wajahnya. Pada bulan Agustus yang lalu, Facebook kehilangan banding federal setelah pengadilan menemukan perusahaan dikatakan terbukti telah mengumpulkan dan menyimpan data biometrik tanpa persetujuan para pengguna. Perusahaan dapat membayar miliaran jika kalah dalam kasus hukum ini.[inn/hsn/timBX]

Tags :

#
face recognition,
#
facebook,
#
fitur scan wajah