MENU
icon label
image label
blacklogo

Demi Saingi AirPods Apple, Amazon Bakal Hadirkan Earbuds Alexa

APR 07, 2019@12:40 WIB | 285 Views

Amazon tampaknya serius ingin memasuki pasar AirPod. Hal ini berdasarkan adanya laporan yang mengatakan bahwa pihak Amazon sekarang  ini sedang mengerjakan sepasang earbud dengan intregasi  dukungan Alexa yang akan dirancang untuk mampu bersaing dengan headphone nirkabel lainnya, termasuk AirPod milik Apple.

Masih menurut laporan dari Bloomberg,  seperti layaknya AirPods atau Samsung Buds Galaxy, perangkat wearable earbuds Alexa ‘besutan Amazon’ ini nanti bakal benar-benar headphone nirkabel yang tidak akan membutuhkan klip atau kabel apapun untuk tetap didengarkan. Namun tentu saja, Amazon memiliki pertimbangan untuk membuatnya berbeda dari lainnya, yakni adanya dukungan untuk asisten digital Alexa perusahaan. Dan Amazon juga dikatakan berfokus pada kualitas audio sebagai pembeda utama dibandingkan dengan pesaing.

Para pengguna pada dasarnya dapat menggunakan perangkat Alexa untuk apa pun yang mereka dapat lakukan di ponsel mereka, termasuk memainkan musik, berbelanja di Amazon, menambahkan hal-hal yang harus dilakukan, atau meminta informasi umum. Dan seperti speaker Echo Amazon, Anda akan dapat memanggil asisten digital hanya dengan mengatakan Alexa - mirip dengan fitur headline ‘Hei, Siri’ yang diperkenalkan pada AirPods generasi kedua buatan Apple.

Namun ada satu hal yang menarik dari earbuds Alexa yang akan dihadirkan Amazon ini. Apakah itu? Tidak lain adalah tidak akan menawarkan koneksi LTE bawaan, yang mana artinya pengguna bakal masih harus menambatkan earbuds ke smartphone untuk benar-benar mengakses aplikasi asisten Alexa. Dalam konteks ini, Amazon harus bekerja dengan Google (dan terutama Apple, yang secara historis tahan terhadap aksesori pihak ketiga semacam ini, seperti Pebble) agar integrasi itu bisa berfungsi optimal.

Sedangkan untuk semua hal lainnya tentang earbuds Alexa yang dikabarkan tengah dikerjakan ini adalah bahwa perangkat ini tampaknya cukup standar untuk headphone nirkabel, yang juga akan menawarkan wadah penyimpanan yang juga akan bisa mengisi ulang kuncup di antara penggunaannya, dan juga bakal memiliki fitur kontrol gerakan untuk menjawab panggilan atau mengontrol musik yang ingin atau sedang dimainkan (didengarkan).

Yang menjadi pertanyaan terbesar adalah berapa harga dan tanggal rilisnya akan perangkat  wearable ini. Menurut Bloomberg, Amazon bisa saja merilisnya pada paruh kedua tahun ini atau sekitar bulan Juli - Agustus 2019 nanti, meskipun belum ada kabar tentang berapa harga ayang akan membanderolnya. Namun, bila Amazon dapat menawarkan suara yang lebih baik dengan harga yang sebanding pada earbuds Alexa ini, Bloomberg menilai kalau perangkat ini bisa menjadi pesaing nyata bagi produk headphone nirkabel Apple, Airpods nantinya.

Tags :

#
aerbuds alexa,
#
amazon,
#
airpod