MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Merekam video Dolby Vision HDR di iPhone 12 atau Pro

NOV 27, 2020@19:00 WIB | 269 Views

Keempat seri iPhone 12 baru mendukung standar perekaman video baru, yakni video Dolby Vision HDR. Dengan fitur ini penguna dapat mengaktifkan Dolby Vision HDR di iPhone 12 untuk mendapatkan kualitas terbaik.

Nah, berikut ini cara mengaktifkan dan menonaktifkan video HDR di iPhone 12. Ada beberapa contoh video HDR vs biasa, video non-HDR, dan ukuran file untuk melihat berapa banyak ruang penyimpanan yang dibutuhkan HDR.

Cara menghidupkan dan mematikan video Dolby Vision HDR di iPhone 12:

- Buka Pengaturan dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan Kamera

- Ketuk Rekam Video

- Di bagian bawah layar Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan mode Video HDR

Sayangnya, tidak ada cara mudah untuk mengaktifkan dan menonaktifkan video HDR langsung dari UI Kamera dan Anda harus masuk ke pengaturan kamera untuk menggunakan opsi ini. Apple sekarang memungkinkan pengguna untuk dengan cepat beralih antara 4K / 1080p dan frekuensi gambar yang berbeda langsung dari aplikasi kamera, tetapi memiliki sakelar HDR di pengaturan menunjukkan bahwa perusahaan menganggap ini lebih sebagai fitur pengguna yang kuat daripada sesuatu yang seharusnya dapat dilakukan oleh pengguna biasa. Kontrol dari aplikasi kamera.

Apple memiliki penjelasan panjang dan rinci tentang Dolby Vision HDR yang mengatakan bahwa "tidak ada smartphone lain yang dapat melakukan itu."  Mereka menambahkan bahwa "Sebenarnya, bahkan kamera industri film pun tidak dapat melakukan itu". Kedengarannya seperti masalah besar, bukan? Apple selanjutnya menjelaskan bahwa itu lompatan dari video 8-bit ke 10-bit sehingga Anda mendapatkan warna 60x lebih banyak. Ya, itu 60 kali lipat, atau 700 juta warna! Menurut Appel, bahkan pembuat film profesional menggunakan pasca-pemrosesan untuk menambahkan efek HDR dan kamera mereka tidak mendukung HDR. Dengan harapan setinggi langit, mari kita lihat apa sebenarnya yang didapatkan dari kesepakatan ini.

Bagaimana dan di mana Anda dapat menonton video Dolby Vision HDR yang direkam di iPhone 12:

Saat ini, jawabannya agak rumit. Anda jelas dapat menonton video HDR langsung di iPhone Anda. Kami juga telah mencoba berbagi file dengan Samsung Galaxy Note 20 Ultra, dan itu memutar video HDR dari iPhone dengan baik. Namun, kami kemudian mencoba mengirim file yang sama ke OnePlus 8T dan ponsel itu tidak dapat memutarnya dengan menampilkan layar hitam.

Bisakah Anda mengunggah video Dolby Vision HDR dari iPhone 12 ke YouTube?

Tidak ada masalah saat mengupload file saat memutarnya, file tampak pudar dan terlalu terang, dan tampaknya YouTube belum memiliki dukungan yang sesuai untuk jenis konten HDR ini. Ini juga merupakan hit-or-miss dengan beberapa perangkat TV di mana konten akan berjalan di beberapa TV HDR 4K, tetapi tidak akan berjalan dengan baik pada yang lain.

Ukuran file Dolby Vision HDR Video vs non-HDR

Pertama, mari kita lihat ukuran file untuk melihat apakah video HDR memakan banyak ruang dibandingkan dengan video tradisional non-HDR. Kami merekam adegan 1 menit yang sama dari tripod untuk memastikan konsistensi, dan berikut adalah ukuran file untuk video 4K30 di iPhone 12 Pro:

Perbandingan ukuran file video 4K30 1 menit:

- Tanpa HDR (format Efisiensi Tinggi): 173MB

- Dolby Vision HDR (format Efisiensi Tinggi): 190MB

- Tanpa HDR (format Paling Kompatibel): 345MB

Biasanya, video 10-bit memakan banyak ruang, tetapi Apple tampaknya menggunakan bentuk kompresi yang menguranginya secara signifikan, dan ukuran file sebenarnya hampir tidak lebih besar dari video standar tanpa HDR. Sebaliknya, memilih untuk merekam dalam format Paling Kompatibel (codec H.264) menghasilkan file yang hampir dua kali lebih besar.

Video HDR Dolby Vision vs kualitas video biasa Non-HDR

Jadi, bagaimana tampilan video Dolby Vision HDR dari iPhone 12 di kehidupan nyata? Dan apakah layak menggunakan opsi ini? Untuk melihat itu, bukanlah tugas yang mudah. Mayoritas layar laptop dan komputer tidak mendukung HDR, dan karena Apple menggunakan subset khusus dari standar Dolby Vision, tidak semua TV juga mendukungnya.

Yang kami tahu adalah iPhone 12 sendiri akan menampilkan video HDR dengan baik, jadi itulah yang biasa kami pamerkan perbedaannya. Anda dapat menemukan video sebenarnya yang kami rekam saat menguji di bawah ini. Tetapi karena komputer Anda mungkin tidak mendukungnya, kami juga menyertakan tangkapan layar dari iPhone 12 Pro, sehingga Anda mendapatkan gambaran tentang tampilan HDR di kehidupan nyata.

Dan inilah tampilan video Dolby Vision HDR:

Tangkapan layar dari video HDR dan non HDR yang diputar di iPhone 12 Pro. Satu hal yang jelas adalah perbedaan eksposur, tetapi untuk sisanya Anda benar-benar harus melihat lebih dekat untuk melihat perbedaannya. Satu hal yang memungkinkan video HDR adalah transisi yang lebih bertahap antara warna dan lebih sedikit noise dalam video, tetapi peningkatannya cukup halus. Anda dapat mengunduh file video HDR iPhone 12 Dolby Vision dan mencobanya di perangkat Anda melalui tautan yang tersedia.

Saat ini, Dolby Vision HDR adalah opsi yang bagus untuk dimiliki, tetapi dibandingkan dengan ekspektasi setinggi langit dari ringkasan Apple, kenyataannya jelas tidak terlalu mengesankan, dan Anda akan menemui banyak masalah dalam menemukan perangkat yang tepat untuk benar-benar. tonton video itu. Kami berharap kompatibilitas meningkat selama beberapa tahun ke depan, tetapi saat ini, itu tidak ideal. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
cara merekam video dolby vision hdr,
#
perekaman video,
#
dolby vision hdr,
#
iphone 12,
#
iphone pro