MENU
icon label
image label
blacklogo

Apple iPhone 12: Semua yang Perlu Anda Ketahui

DEC 15, 2020@10:30 WIB | 134 Views

Meskipun iPhone 12 diluncurkan sedikit lebih lambat dari biasanya tahun ini, tetapi ternyata, itu layak untuk ditunggu. Karena smartphone terbaru Apple ini dihadirkan dengan tampilan desain yang baru, prosesor yang lebih baik, kamera yang lebih baik, dan banyak lagi.Tak tanggung-tanggung, Apple merilis 4 model untuk seri iPhone terbaru ini, yakni iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max. Setiap model memiliki ciri dan fitur uniknya sendiri. Nah, berikut ini merupakan hal-hal yang perlu Anda diketahui tentang poonsel terbaruu Apple ini.

Harga dan ketersediaan iPhone 12

Perangkat iPhone 12 series telah resmi meluncur dan keempat modelnya sekarang tersedia secara luas, termasuk Indonesia. Untuk iPhone 12 Mini dibanderol mulai dari US$ 699, dan merupakan pilihan barisan kecil dan terjangkau, iPhone 12 mulai dari US$ 799 dan naik menjadi US$ 949 untuk opsi penyimpanan teratas. Kami merekomendasikan memilih penyimpanan setidaknya 128GB. Sementara untuk model iPhone 12 Pro mulai dari US$ 999, yang memberi Anda penyimpanan 128GB, dan naik menjadi US$ 1.299 untuk opsi penyimpanan teratas, sedang untuk yang iPhone 12 Pro Max mulai dari US$ 1.099.

Untuk ketersediaan pilihan warna, iPhone 12 dan 12 Mini hadir dalam warna hitam, biru, hijau, putih, dan merah, sedangkan iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max hadir dalam warna hitam, biru, emas, dan putih.

Sedikit review tentang iPhone 12

Model iPhone 12 merupakan dasar perangkat seri dengan nilai yang fantastis dan menghadirkan pengalaman yang luar biasa bagi siapa saja yang tidak ingin melampaui batas. Model 12 Pro melangkah lebih jauh, dengan bingkai baja tahan karat, lebih banyak memori untuk beberapa fitur canggih, dan beberapa kemampuan kamera tambahan. Sedang Mini sangat kecil dan menyenangkan, pas di tangan siapa pun, namun masih memiliki serangkaian fitur iPhone 12 yang lengkap dan pengalaman kamera yang lengkap pula, dan 12 Pro Max hadir secara masif, dengan layar luar biasa dan masa pakai baterai yang sangat lama - plus, kamera utama yang melampaui 12 Pro dalam kondisi cahaya redup.

iPhone 12 ini temasuk mudah untuk memanfaatkan semua fiturnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna saat ini. Ada banyak panduan tentang iPhone 12 dan iOS 14 untuk membantu Anda di internet dan bahkan dalam perangkat itu sendiri.

Desain dan tampilan iPhone 12

Tahun 2020 bisa jadi merupakan pembuktian Apple dalam mengubah konsep desain perangkat smartphone secara dramatis, usai mengembangkan desain iPhone X selama tiga generasi. Desain terbaru memanggil kembali ke iPhone 5 dan sejalan dengan iPad Pro dan iPad Air terbaru. Sisi-sisinya sekarang rata, dengan lapisan matte pada iPhone 12 dan lapisan mengkilap pada iPhone 12 Pro. Ada juga tepi yang lebih tajam yang beralih ke kaca depan dan belakang. Tampilannya dilengkapi dengan bezel yang lebih kecil di sekitar keseluruhan layar, meskipun kedudukan tertinggi masih menampung kamera depan dan teknologi ID Wajah. Desainnya dilengkapi dengan berbagai warna baru, terutama varian biru tua yang menonjol.

Bagian kedua yang paling menarik dari lini iPhone 12 melibatkan ukuran layar yang ditawarkan. IPhone 12 dan iPhone 12 Pro sekarang menawarkan layar 6,1 inci, naik dari 5,8 inci, meskipun dengan bezel yang lebih kecil, ponsel tidak jauh lebih besar secara keseluruhan. Sedang yang Mini menampilkan layar 5,4 inci yang menempatkannya tepat di atas iPhone SE dalam jajaran Apple. Bagi mereka yang menginginkan layar besar, ada iPhone 12 Pro Max dengan layar 6,7 inci.

IPhone 12 Pro dan 12 Pro Max memiliki rangkaian hasil akhir yang sedikit berbeda, selain warnanya yang berbeda. Rangkanya terbuat dari baja tahan karat, bukan aluminium, dan tekstur bingkai serta kaca dibalik - bingkai dipoles hingga bersinar cemerlang, sedangkan kaca memiliki tekstur matte seperti iPhone 11 Pro.

Terkait tampilan itu, ada peningkatan besar dalam daya tahan: kaca Perisai Keramik. Apple bermitra dengan pembuat kaca Corning untuk membuat penutup kaca baru untuk iPhone 12, yang disebut Ceramic Shield, yang merupakan penutup layar terkuat yang saat ini tersedia secara komersial. Apple mengklaim memiliki kinerja penurunan 4x lebih baik, yang berarti jauh lebih mungkin untuk bertahan dari penurunan biasa tanpa retak atau pecah. Kita harus menunggu dan melihat bagaimana hal itu diterjemahkan menjadi ketahanan gores dan ukuran daya tahan lainnya. Tes penurunan awal tampaknya menunjukkan bahwa Ceramic Shield memang sangat kuat, dan itu menjanjikan.

Tak satu pun layar, bahkan pada model Pro, memiliki kecepatan refresh 120Hz atau yang disebut Apple sebagai teknologi "ProMotion". Meskipun layarnya indah, namun tetap mengecewakan saat hampir setiap ponsel Android yang dirilis memiliki kecepatan refresh setidaknya 90Hz - dan tetap itu dinilai sebagai perbedaan dalam tampilan layar bagi Apple.

Keempat model iPhone 12 menawarkan konektivitas 5G, yang merupakan yang pertama untuk Apple tetapi fitur yang ditemukan di sebagian besar ponsel Android lebih dari $ 500. Apple memilih untuk menyertakan radio Sub-6 5G yang tersebar luas dan mmWave 5G yang lebih jarang digunakan di ponselnya, memastikan kompatibilitas yang lebih luas.

Kamera iPhone 12

IPhone 12 hanya memiliki dua kamera, lensa utama dan lensa ultrawide, tetapi Apple telah meningkatkan kamera utama dibandingkan dengan iPhone 11. Kamera utama memiliki lensa 7-elemen baru, dan aperture f / 1.6 yang lebih lebar, untuk meningkatkan fotografi cahaya rendah - Apple mengklaim peningkatan 27% dalam kemampuan cahaya rendah. Dan mode malam di semua kamera telah aktif, sehingga Anda dapat mengambil gambar dalam cahaya rendah dengan kamera ultrawide belakang dan kamera selfie depan. Dan keempat model iPhone 12 telah meningkatkan OIS kamera utama (stabilisasi gambar optik), yang menstabilkan pada 5x laju sampel, memungkinkan eksposur lama yang lebih baik - hingga 2 detik tanpa kehilangan ketajaman.

Untuk iPhone 12 Pro, kamera dibawa ke level baru. Pertama, Anda mendapatkan tiga sensor dengan tambahan lensa "telefoto" pada 52mm yang memberikan zoom optik 2x di atas kamera utama. Kamera utama juga ditingkatkan, seperti iPhone 12, dengan aperture f / 1.6 dan lensa 7 elemen baru untuk foto yang lebih jelas.

Apple melakukan lebih banyak lagi pada iPhone 12 Pro Max, dengan peningkatan pada kamera utama dan telefoto. Sensor utama memiliki sistem OIS mirip DSLR baru, yang disebut pergeseran sensor, yang menstabilkan sensor itu sendiri daripada lensa. Dengan sistem sensor baru ini, kinerja cahaya rendah ditingkatkan bahkan melebihi 12 Pro. Lensa telefoto memiliki panjang fokus 65mm yang lebih panjang, atau 2,5x pada lensa utama, yang membuat Anda sedikit lebih dekat ke subjek dan mengurangi jumlah zoom digital yang diperlukan.

Dengan prosesor A14 Bionic baru, Apple dapat menghadirkan pemrosesan kamera canggih Deep Fusion ke keempat kamera, termasuk kamera selfie, untuk fotografi komputasi yang lebih baik guna menyelesaikan pemandangan, pencahayaan, dan tekstur yang sulit. Dan, seperti biasa, Anda dapat mengedit semua foto Anda dengan teknologi pengeditan gambar Apple yang luar biasa.

Kembalinya pengisian daya MagSafe

Lengkungan besar di iPhone 12 adalah kebangkitan merek MagSafe - yang sebelumnya digunakan untuk pengisi daya laptop Apple yang dipasang dengan magnet. Sistem baru ini mengintegrasikan magnet yang kuat ke bagian belakang iPhone 12 sehingga Anda dapat memasang aksesori - dan tidak, ini tidak hanya terbatas pada pengisi daya.

Dengan MagSafe, Anda dapat memasang semua jenis aksesori - casing penuh, lampiran casing kecil seperti kantong dompet, dudukan dasbor mobil, dan pengisi daya - ke bagian belakang ponsel dengan cepat. Apple juga memperkenalkan bantalan pengisi daya nirkabel yang memiliki magnet di dalamnya, sehingga Anda dapat menaruh iPhone 12 ke dalamnya dan mengetahui bahwa pengisian daya setiap saat. Bahkan MagSafe tidak menjadi eksklusif untuk aksesori Apple sendiri, karena perusahaan lain akan dapat membuat attachment yang kompatibel dengan MagSafe, dengan Belkin yang menjadi salah satu yang pertama memiliki aksesori baru itu. [inn/asl/timBX]

Tags :

#
apple iphone 12,
#
apple terbaru,
#
spesifikasi apple iphone 12,
#
apple,
#
iphone 12