MENU
icon label
image label
blacklogo

Apple Watch Mampu Prediksi COVID-19 Seminggu Sebelum Swab Test

FEB 10, 2021@18:00 WIB | 144 Views

Dunia masih dalam masa pandemi COVID-19 kendati vaksinasi di sejumlah negara termasuk Indonesia sudah berlangsung. Di saat yang sama, jumlah manusia yang terkena COVID-19 alih-alih menurun signifikan, justru mengalami peningkatan.

Seiring vaksinasi dilakukan, pencegahan demi pencegahan terus pula diterapkan, misal di Indonesia dengan menerapkan 3M yakni: Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan. Sementara itu berlangsung, di belahan negara lain, Apple meningkatkan produk teknologinya dengan fitur memprediksi COVID-19 seminggu sebelum Swat Test dilakukan.

Mendeteksi virus corona sejak dini merupakan langkah awal untuk mencegah penularan lebih lanjut. Karena itu, teknologi terbaru dari Apple menjadi penting. Pasalnya, virus corona membutuhkan waktu 14 hari untuk diinkubasi, artinya selama waktu itu, orang yang terinfeksi dan tidak mengetahuinya memungkinkan akan terus menulari orang lain. Apalagi jika yang terinfeksi termasuk Orang Tanpa Gejala (OTG).

Lantaran hal mustahil bagi setiap orang untuk menjalani tes setiap hari untuk mengetahui apakah reaktif atau non-reaktif, atau apakah positif atau negatif COVID-19, maka perlu langkah solutif pendeteksi lebih dini. Sebuah studi dari peneliti Mount Sinai yang disebut Warrior Watch Study menemukan bahwa jam tangan pintar (smartwatch), khususnya Apple Watch, dapat digunakan untuk mendeteksi dan memprediksi diagnosis COVID-19 seminggu sebelum pengguna melakukan swab tes.

Studi berlangsung antara April dan September 2020 dan melibatkan beberapa ratus petugas kesehatan. Studi ini melihat variabilitas detak jantung sebagai salah satu tanda seseorang bisa terinfeksi. Ini karena variabilitas detak jantung adalah indikator seberapa tegang sistem saraf seseorang, yang juga bisa menjadi indikasi bahwa mereka sedang tidak enak badan.

Meskipun bukan merupakan indikator COVID-19, tetapi mungkin lebih baik bagi seseorang untuk melakukan tes lebih awal daripada nanti. Selain itu, kemampuan mendeteksi infeksi lebih awal juga berarti bahwa orang tersebut dapat memulai pengobatan lebih cepat. [asl/timBX]

Tags :

#
apple watch,
#
jam tangan pintar,
#
smartwatch,
#
apple