MENU
icon label
image label
blacklogo

Aplikasi Xbox Akan Hadir di Smart TV Tahun Depan

NOV 26, 2020@14:00 WIB | 117 Views

Salah satu kelebihan yang utama dari game streaming adalah tentang kemampuannya yang membuat gamer menjadi mudah untuk memainkan game di hampir semua perangkat yang dapat terhubung ke internet, tanpa perlu lagi khawatir tentang hal-hal seperti kompatibilitas perangkat keras, apakah perangkat mereka memiliki daya yang cukup untuk menjalankan game tersebut atau tidak, dan lain sebagainya. Dan lahan basah ini menjadi satu peluang yang ingin dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan teknologi, yang mana salah satunya adalah Microsoft. Ya, pihak Microsoft telah melirik peluang itu hingga ingin memanfaatkannya dalam waktu dekat ini, yakni lewat aplikasi Xboxnya.

Phil Spencer, perwakilan dari pihak Microsoft baru-baru ini mengungkapkan bahwa kita dapat menantikan peluncuran aplikasi Xbox di smart TV dalam 12 bulan ke depan. “TV sebenarnya lebih merupakan konsol game yang diisi di balik layar yang memiliki platform aplikasi dan tumpukan Bluetooth dan juga kemampuan streaming. Apakah ini benar-benar  dalam bentuk fitur di TV lagi atau hanya bentuk fungsi/fitur perangkat yang dulu kita miliki di sekitar TV kita yang digabungkan ke dalam satu layar besar yang saya lihat? ” kata Phil Spencer.

Meskipun belum mendalami detailnya, tampaknya ia mengisyaratkan bahwa mungkin dalam 12 bulan ke depan, gamer yang tidak memiliki konsol mungkin akan dapat memainkan game Xbox melalui Smart TV mereka melalui aplikasi Xbox khusus. Seperti Stands, Microsoft memiliki layanan streaming game dalam bentuk Xbox Game Pass Ultimate.

Untuk langganan bulanan, gamer akan memiliki akses ke perpustakaan (library) game Xbox yang kemudian dapat mereka streaming ke konsol Xbox mereka, atau smartphone atau tablet mereka. Meskipun mungkin tidak menyertakan judul Xbox Series X atau S, ini bisa menjadi cara yang baik bagi para gamer yang tidak memiliki atau tidak ingin memiliki konsol untuk menikmati judul-judul ini dengan cara baru.

Namun, Phil Spencer mencatat bahwa streaming game ini tidak berarti akhir dari konsol. Dia melihatnya sebagai cara alternatif untuk menikmati game. “Saya hanya menekan sedikit - ini tidak persis seperti yang Anda katakan - bahwa ketika streaming datang, semua konsol hilang, atau semua perangkat lokal saya yang memainkan video game hilang. Saya tidak terlalu yakin akan hal itu. Saya pikir kami hanya harus gesit dan memperhatikan apa yang diinginkan pemain”.

Dengan kata lain, hadirnya aplikasi Xbox di Smart TV nanti bukan berarti perangkat konsol game akan menjadi tersingkirkan begitu saja, melainkan sebagai alternatif lain yang dipilih atau digunakan oleh para gamer. Hal ini cukup masuk akal karena bermain game di perangkat konsol tentunya memberikan lebih banyak penawaran atau pengalaman menarik yang tidak bisa ada saat bermain di game streaming, setidaknya untuk saat ini. [inn/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
aplikasi xbox,
#
smart tv,
#
game streaming,
#
rekomendasi game