MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Alasan Qualcomm Snapdragon 888 Layak Dinanti

DEC 04, 2020@15:30 WIB | 172 Views

Qualcomm akhirnya meluncurkan chipset ponsel generasi berikutnya, Snapdragon 888. Ini merupakan chipset terbaru yang akan memberi daya pada ponsel Android andalan generasi berikutnya dan ini membawa banyak manfaat. Sekilas, Snapdragon 888 merupakan langkah besar dari Snapdragon 865 tahun lalu.

Ini adalah chipset pertama Qualcomm yang dibangun dengan proses 5nm, setelah Apple meluncurkan A14 Bionic 5nm di iPad Air dan iPhone 12. Snapdragon 888 juga memiliki modem 5G yang terintegrasi (tidak seperti modem 5G terpisah pada Snapdragon 865 tahun lalu) dan menawarkan peningkatan dalam kecerdasan buatan dan pemrosesan gambar untuk fitur kamera yang semakin berkualitas tinggi. Berikut adalah 5 alasan Qualcomm Snapdragon 888 ini layak dinanti untuk digunakan pada ponsel generasi kedepannya:

Performa lebih cepat

Qualcomm Snapdragon 888 menawarkan kinerja yang lebih baik daripada Snapdragon 865, yang mana ini dilengkapi untuk menangani semua aplikasi modern, dapat menjalankan game seluler lebih cepat dari sebelumnya, dan dipersiapkan perangkat gadget masa depan. Akar dari peningkatan kinerja Snapdragon 888 berasal dari inti Kryo 680 baru, yang diproduksi dengan proses 5nm, dan Qualcomm mengatakan akan meningkatkan 25% dalam kinerja keseluruhan. Prosesor ini didasarkan pada ARM Cortex-X1 dan Qualcomm mengatakan ia menawarkan kecepatan clock hingga 2.84GHz.

Performa grafis lebih cepat

Peningkatan kinerja tidak berhenti pada kinerja CPU dasar, namun juga menawarkan kinerja GPU yang lebih baik juga, dalam bentuk Adreno 660 baru. Adreno 660 ini menawarkan peningkatan kinerja yang lebih besar daripada Kryo 680 di sisi CPU, dengan peningkatan kinerja 35% dibandingkan dengan GPU Snapdragon 865. Hasil dari kinerja grafis yang lebih baik adalah bahwa Snapdragon 888 harus mampu menangani game seluler dengan grafis yang lebih intens, mengurangi waktu muat game, dan lebih condong ke dalam pendekatan Qualcomm kepada para gamer seluler.

Pemrosesan gambar yang lebih baik

Qualcomm Snapdragon 888 secara serius meningkatkan teknologi pemrosesan gambar, yang mana intinya adalah Spectra 580 ISP baru yang merupakan prosesor sinyal gambar tiga. Itu berarti dapat memproses aliran dari tiga kamera, pada saat yang bersamaan. Berkat ini, kita nantinya bisa merekam tiga aliran video sekaligus, dan beralih di antara mereka dalam pengeditan nanti. Atau dapat melihat tiga aliran di jendela bidik sekaligus, memungkinkan Anda memilih sensor yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini. Ini semua terjadi berkat ISP khusus, daripada mencoba melepaskan pekerjaan ke CPU - yang lebih efisien.

Dengan teknologi 5G terintegrasi

Qualcomm Snapdragon 888 tentu saja mendukung 5G. Namun spesifikasinya lebih  ditingkatkan hingga dapat berdampak pada hal-hal lain, terutama kecepatan internet. Snapdragon 888 memiliki modem Qualcomm Snapdragon X60 5G, dan itu terintegrasi ke dalam chipset, tidak seperti X55 yang dapat digunakan bersama dengan Snapdragon 865. Itu berarti itu bisa membuat Snapdragon 888 sedikit lebih murah untuk pembuat ponsel dan juga mampu menghemat ruang memori serta daya baterai nantinya pada ponsel.

A.I. di semua area

Qualcomm terus mengandalkan kecerdasan buatan (A.I.), dan itu dapat berdampak pada penggunaan telepon Anda secara keseluruhan. Snapdragon 888 menawarkan Qualcomm's Hexagon 780 A.I. prosesor, yang akan memengaruhi semua jenis situasi kecerdasan buatan. Qualcomm dengan cepat menunjukkan demo tentang apa yang dapat dilakukan teknologi, apakah itu benar-benar diterjemahkan ke dalam kasus penggunaan dunia nyata atau tidak. Misalnya, dikatakan bahwa itu dapat menghapus karakter dari adegan video dan memasukkan Anda sebagai gantinya - semuanya dalam waktu nyata. Di sisi yang lebih praktis, A.I. pemrosesan berarti pemrosesan bahasa alami yang lebih baik, terjemahan, dan banyak lagi. Lebih baik lagi, ini akan mengurangi penggunaan baterai - menurut Qualcomm, kinerja-per-watt Hexagon 780 tiga kali lebih tinggi daripada Snapdragon 865. [inn/asl/timBX]

Tags :

#
qualcomm snapdragon 888,
#
qualcomm,
#
snapdragon 888,
#
chipset ponsel