MENU
icon label
image label
blacklogo

Tjong A Fie, Peninggalan Saudagar China yang Memikat Hati

MAY 27, 2019@11:07 WIB | 240 Views

Kota Medan selalu menarik untuk ditelusuri. Bagi Blackpals yang sedang atau singgah di Medan maka saatnya mengeksplorasi sejarah kota cantik ini. Penjelajahan bisa dimulai dari Tjong A Fie mansion yang berada di pusat kota Medan. Bangunan berlantai dua itu terletak di Jalan Ahmad Yani no 105.

Dengan tiket masuk seharga Rp 35 ribu per orang, turis pun leluasa mejelajah kediaman Tjong A Fie yang berdiri sejak 1895 ini. Jika ingin mengetahui lebih dalam mengenai sosok Tjong A Fie berikut dengan seluk beluk rumahnya, kalian bisa juga meminta pendampingan guide yang dengan ramah bisa menceritakan semuanya.

Bangunan seluas 8000 m2 ini mempunyai arsitektur yang dipengaruhi dari China dan Malaysia serta posisinya sesuai dengan prinsip feng shui. 

Sebelum mengulas mengenai rumah Tjong A Fie, belum lengkap kalau tak mengenal saudagar kaya asal China ini. Tjong A Fie adalah imigran yang menikahi gadis asal Binjai dan mulai membuka usaha perkebunan. Usahanya berkembang pesat dan dia pun menjadi orang yang berpengaruh serta dekat dengan pejabat Belanda dan lokal saat itu.

Selain dekat dengan banyak petinggi, ayah 5 orang anak ini juga dekat dengan rakyat jelata bahkan dia didapuk banyak penghargaan atas kepeduliannya itu. Segala prestasinya pun terpampang nyata di tembok-tembok mansion ini.

Memulai tur di mansion ini dimulai dari ruang tamu lalu ada ruang terbuka yang menjadi pusat di rumah ini. Tempat dengan banyak jendela berkelir hijau lumut ini yang menjadi tempat instagenic yang banyak diburu wistawan.  Kemudian, seperti rumah pada umumnya, ada dapur dengan peralatan serba klasik, ruang makan, kamar tidur, sampai ruang baca. Semunya masih tertata apik dan cantik tanpa debu. Dinding di beberapa ruang terpasang foto dan lukisan sang pemilik berserta anak-anaknya.

Rumah Tjong A Fie sendiri baru mulai dibuka sebagai tempat wisata sejak 2009 silam. Pengelolanya tak lain adalah keluarga keturunan sang saudagar. Terkadang mereka datang menjenguk untuk menengok rumah buyut mereka.

Tags :

#
spot wisata,
#
medan,
#
tjong a fie