MENU
icon label
image label
blacklogo

Nikmati Pagi yang Sejuk dan Penuh Keramahan di Paniai Papua

JUL 12, 2019@18:16 WIB | 150 Views

Mau pagi yang berbeda dari biasanya pergilah ke Paniai di Papua. Jauh sih memang, tapi Papua memang tak pernah tak luar biasa. Surga dari timur ini selalu memberikan atmosfer yang berbeda dan pasti sekali ke sini bisa bikin kangen.

Jika punya waktu yang banyak di Papua bisa ke Paniai yang jarak tempuhnya sekitar 6 jam dari Nabire dengan perjalanan darat. Tenang, jalanan di sana sudah mulus berkat banyaknya pembangunan.

Kalian bisa menyewa mobil, atau memanfaatkan angkot di sana yang berupa mobil-mobil tangguh seperti Toyota Fortuner. Dengan mobil ini, perjalanan terasa nyaman dengan sopir yang lihai pula.

Sampai di sana bisa mencari penginapan yang memang belum banyak. Meski terlihat sederhana, hotel di sini harganya lumayan juga. Jangan lupa juga bersiap dengan seringnya mati lampu ya.

Namun segala hal itu tidaklah seberapa karena kalian bakal menikmati pagi yang begitu sejuk dan indah. Sekitar 1 km dari pusat kota, datanglah ke danau Paniai yang juga merupakan pusat aktivitas warga.

Di danau yang luasnya mencapai 14.500 hektar ini warga tidak hanya berjalan-jalan tetapi juga berdagang, memancing hingga mencuci baju.

Ya, mencuci hal baju adalah hal lumrah di pinggir danau yang keindahannya diakui dunia ini. Tak tanggung-tanggung masyarakat yang mencuci datang dari berbagai distrik dengan jarak tempuh hingga 1 jam.

Maria contohnya, pelajar SMA ini datang dari distrik Obano hanya untuk mencuci seragam dan pakaian lainnya di pinggir danau ini.

Maria mengaku harus datang dengan menggunakan kapal boat atau yang sering disebut Johnson untuk sampai ke sini. Tarifnya sekitar Rp 5 ribu sampai Rp 20 ribu tergantung jauh dekat.

Menjelang petang, danau ini akan ramai dengan para pemancing yang hanya menggunakan pancingan dari bambu serta umpan berupa ubi kukus. Menariknya, dengan hanya umpan sederhana ini, para pemancing berhasil mendapatkan ikan.

Di saat seperti ini pula, aktivitas berdagang kayu bakar semakin ramai. Kayu yang dijual beragam dengan harga Rp 300 ribu per mobil pikap. Penasaran dengan aktivitas di Danau Paniai, ayo datang ke Papua!

Tags :

#
spot wisata,
#
papua,
#
paniai,
#
wisata pantai