MENU
icon label
image label
blacklogo

Nikmati Kemegahan Patung Dewa Emas Setinggi 42 Meter di Malaysia

MAY 16, 2019@11:48 WIB | 41 Views

Batu Caves menjadi destinasi wajib bagi Blackpals yang sedang berkunjung ke Malaysia. Sebab tempat seperti ini tergolong unik apalagi kalau bukan karena keberadaan patung dewa emas setinggi 42,7 meter.

Untuk mencapai ke Batu Caves juga tergolong mudah, tinggal pakai MRT dari KL sentra yang merupakan pusatnya transit. Nah, stasiun Batu Caves ini merupakan pemberhentian terakhir jadi perjalanannya lumayan panjang sekitar hampir satu jam.

Jalannya pun dekat dari stasiun, bau dupa langsung tercium saat keluar dari stasiun beraneka dagangan dijejerkan, utamanya perlengkapan untuk berdoa, seperti kembang dan wewangian. Sekarang Batu Caves sudah tampil cantik dengan warna warni tangganya dan makin mengkilap warna emas dari patung Murugan yang menjadi ikon tempat ini.

Siapa sih dewa Murugan? Dia adalah patung Dewa Murugan, dewa perang dari kalangan orang Tamil-India. Dewa yang mencerminkan kebaikan, usia muda dan kekuatan, serta dianggap sebagai sang penakluk kejahatan. Dewa Murugan juga dikenal dengan nama lain yaitu Skanda, Kumara, dan Subramaniam.

Waktu terbaik untuk ke tempat ini sih sore hari karena siang harinya terasa sangat panas dan tentu menjadi masalah tersendiri kalau harus naik tangga yang berjumlah 272 anak tangga. Bagi kalian yang masih bertenaga, coba saja naik karena di ujungnya ada sebuah kuil yang masih aktif untuk tempat berdoa. Makanya untuk naik juga pakaian diperhatikan tidak boleh terlalu terbuka.

Jika tetap nekat para pendeta wanita yang berjaga di anak tangga akan langsung menegur dan mewajibkan menyewa kain penutup seharga RM 3 (Rp 10.000). Selain itu, sepanjang anak tangga kita wajib waspada terhadap barang bawaan. Kenapa? Karena banyak monyet liar yang biasa menghampiri dan merebut barang kita.

Selain gua di ketinggian dan di balik bukit kapur ada juga beberapa gua lain dan patung-patung yang tak kalah tinggi yaitu patung Hanoman yang berada di sebelah pintu masuk pelataran Batu Caves. Ada juga beberapa taman yang sedikit memberi penyegaran selepas naik ratusan tangga ditambah dengan burung-burung dara yang jinak dan ramah terhadap pengunjung. Bagi Blackpals yang sedang di Malaysia, jangan lupa mampir ke sini ya!

Tags :

#
patung dewa mas,
#
spot wisata,
#
batu caves,
#
malaysia