MENU
icon label
image label
blacklogo

Menjelajah Perut Bumi di Goa Batu Hapu

MAR 28, 2019@17:25 WIB | 178 Views

Kalimantan Selatan merupakan salah satu provinsi negeri ini yang memiliki kekayaan sumber daya alam luar biasa. Namun tidak hanya itu wilayah ini ternyata juga menyimpan potensi wisata yang unik sekaligus menakjubkan. Salah satu yang paling terkenal adalah Goa Batu Hapu.

Sebelum menuju Goa Batu Hapu, ada baiknya menyiapkan beberapa peralatan seperti senter dan headlamp, karena di dalam sangat minim penerangan. Jangan lupa memakai sepatu atau sandal yang bisa menjajak kuat di medan yang sedikit licin.

Terletak di dekat Pasar Binuang tepatnya di Desa Batu Hapu, Kecamatan Hatungun, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Lokasinya berjarak 43 km dari Kota Rantau dan 154 km dari Kota Banjarmasin. Dengan posisi start dari Pasar Binuang, arahkan kendaraan Anda masuk ke dalam sejauh kurang lebih 16 km.

Sepanjang jalan Anda sudah akan disuguhi paparan alam Kalsel yang mempesona. Pemandangan kehidupan khas pedesaan dan suasana alam pegunungan akan jadi teman Anda sebelum memasuki kawasan wisata Goa Batu Hapu. Sesampainya di sana, Anda dapat langsung memarkirkan kendaraan di lahan parkir yang tersedia dekat pos penjagaan. Jangan lupa membeli tiket masuk di loket yang ada di dekat situ. Harga tiketnya pun sangat murah, hanya sekitar Rp 2500.

Dari tempat parkir, Anda masih harus berjalan kaki menaiki puluhan anak tangga untuk dapat sampai menuju lokasi utama gua yang berada di tengah-tengah bukit. Begitu tiba di mulut gua, Anda akan langsung disajikan pemandangan bebatuan granit yang dramatis dengan kesan mistis yang kental terasa.

Namun tidak perlu khawatir, begitu kita masuk dan menyalakan alat penerangan, paparan keindahan stalaktit dan stalagmit akan segera membuat Anda terpaku dalam pesona. Seperti yang sudah diingatkan di awal, berhati-hatilah melangkah di dalam. Kondisi gua yang cenderung lembab membuat banyak bagian tanah sedikit licin dan memberi risiko tergelincir.

Keindahan perut bumi ini akan membawa Anda laiknya seorang penjelajah di Tomb Rider atau bahkan Indiana Jones. Sayang, ada beberapa bagian gua yang telah tercemari oleh aksi vandalisme oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Hindari saja bagian tersebut dan cari lokasi lain untuk mengabadikan momen petualangan Anda.

Menurut legenda setempat, Goa Batu Hapu merupakan gua yang terbentuk dari pecahan kapal Malin Kundang saat dikutuk oleh ibunya. Jadi hikayat Malin Kundang yang terjadi di Sumatera Barat itu berimbas hingga ke Kalimantan Selatan. Ada juga yang mengatakan kalau ini merupakan perwujudan istana mahluk gaib.

Well…terlepas dari kisah-kisah legenda di baliknya, Goa Batu Hapu merupakan salah satu destinasi wisata yang harus Anda datangi kalau sedang berada di Kalimantan Selatan.

Tags :

#
kalsel,
#
goa batu hapu,
#
wisata alam,
#
kalimantan selatan