MENU
icon label
image label
blacklogo

Kedai Kopi Pak Rohmat: Sensasi Menikmati Kopi Tradisional Di Perbukitan Menoreh Jogja

FEB 19, 2020@16:40 WIB | 237 Views

Kebanyakan masyarakat Indonesia pasti menyukai kopi. Bagi sebagian orang, kopi adalah teman terbaik saat sedang kumpul bersama teman atau keluarga, untuk mengusir rasa dingin di pegunungan, bahkan kopi dapat dijadikan teman saat sedang bersantai maupun bekerja. Anda pastinya menyadari kalau saat ini café dan coffee shop banyak bermunculan di mana-mana. Kebanyakan coffee shop menyuguhkan desain interior yang instagramable dan terkesan minimalis.

Tapi apakah Anda tahu kalau di daerah Kulonprogo Jogja ada kedai kopi yang berbeda dari konsep coffee shop pada umumnya? Namanya Kedai Kopi Pak Rohmat. Kedai Kopi Pak Rohmat terletak di Madigondo RT 26/10, Sidoharjo, Samigaluh, Kulonprogo. Tempatnya terpencil dan akses untuk mencapai kesana sangat menegangkan. Layaknya jalan perbukitan yang naik turun dan sempit. Namun tidak perlu khawatir, karena di sepanjang perjalanan mata Anda akan dimanjakan oleh pemandangan yang indah dan suasana yang sejuk. Dahulu Pak Rochmat merupakan seorang tukang batu. Kemudian dia berhasil menggerakan warga di kampungnya untuk mengelola kebun kopi secara benar. Cara mengolah biji kopinya pun masih menggunakan metode tradisional, yaitu dengan cara disangrai. Biji yang sudah disangrai kemudian digiling dan diproses hingga menjadi kopi yang siap untuk dinikmati. Kopi tersebut juga hingga saat ini telah   didistribusikan ke banyak café dan coffee shop yang ada di Jogja.

Lalu yang membedakan Kedai Kopi Pak Rohmat dengan coffee shop lainnya yaitu Anda bisa menikmati kopi sambil melihat pemandangan perbukitan. Menarik kan? Saat kesini, Anda harus mencicipi kopi Menoreh yang menjadi ciri khasnya. Kopi tersebut ditanam pada ketinggian 600 sampai 700 mdpl. Soal rasa tidak perlu ditanyakan lagi, karena kopi Menoreh memiliki aroma yang sedap ada sensasi asam dan manis meskipun diseduh tanpa gula. Selain itu, cara penyajian di Kedai Kopi Pak Rohmat ini cukup unik. Jadi, kopi disajikan satu paket yang terdiri dari satu gelas kopi beserta cemilannya, berupa mendoan, tahu isi, geblek, kacang rebus, dan singkong. Kopi yang disajikan pun ada bermacam-macam, seperti kopi robusta, kopi arabika, kopi jahe, dan masih banyak lagi. Harga yang dipatok pun terbilang murah tidak akan menguras kantong Anda, hanya sekitar 14 sampai 25 ribu saja. Dengan harga segitu Anda sudah bisa menikmati kopi, cemilan, dan pemandangan yang indah. Di Kedai Kopi Pak Rohmat juga menyediakan kemasan khusus bagi Anda yang ingin membawa pulang oleh-oleh.

Bagi Anda pecinta kopi yang sedang berkunjung ke Jogja, ada baiknya sempatkan waktu untuk singgah ke Kedai Kopi Pak Rohmat dan rasakan sensasinya menikmati kopi Menoreh sambil memanjakan mata dengan melihat pemandangan yang indah.[Dnd/Hsn/timBX]

Tags :

#
kedai,
#
kopi,
#
kedai kopi pak rohmat,
#
kopi tradisional,
#
perbukitan menoreh jogja,
#
jogja