MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Theme Park dengan Jumlah Roller Coaster Terbanyak

JAN 26, 2022@15:50 WIB | 732 Views

Banyak orang yang sering mengaitkan theme park/taman hiburan adalah tempat anak-anak, walaupun sebenarnya hampir di setiap theme park pasti selalu ada wahana yang memacu adrenalin, seperti Hysteria ataupun Tornado yang ada di Dufan, tetapi wahana pemacu adrenalin yang paling terkenal di dunia adalah roller coaster. Ada bermacam-macam tipe roller coaster, dari mulai tipe old-school corkscrew (seperti wahana Halilintar di Dufan), wooden roller coaster, giga coaster, inverted coaster, hingga junior coaster. Sebenarnya di mana theme park yang memiliki koleksi roller coaster berbagai tipe paling banyak?, berikut adalah 5 daftar theme park yang memiliki koleksi roller coaster terbanyak.

5. Wiener Prater (15 Roller Coaster)

Theme park ini sudah beroperasi sejak tahun 1766 dan roller coaster pertama di Wiener Prater dibuka pada tahun 1899, sayangnya roller coaster bersejarah tersebut sudah tidak ada lagi. Walaupun begitu, theme park ini masih memiliki lusinan roller coaster dengan tingkatan keekstreman yang berbeda-beda. Salah satunya adalah, Hochschaubahn, salah satu roller coaster tertua yang dibuka pada tahun 1950 dan masih memiliki teknologi brakeman onboard yang mengatur kontrol kecepatan tersebut. Di tahun 2022, taman hiburan ini akan membuka Wiener Looping, wahana roller coaster bertipe steel-looping coaster. Wiener Prater sendiri berada di Wina, Austria.

4. Cedar Point (16 Roller Coaster)

Untuk beberapa waktu, Cedar Point sering dijuluki sebagai "Ibukota Roller Coaster Dunia" dan bersaing ketat dengan Six Flags Magic Mountain untuk merebut supremasi dalam dunia roller coaster. Taman hiburan yang berada di Ohio akhirnya harus menyerahkan tahta tersebut kepada Six Flags Magic Mountain, tetapi koleksi 16 roller coaster-nya tetap tidak bisa dianggap remeh. Cedar Point terus membangun wahana pemacu adrenalin baru dengan menggunakan teknologi state of the art pada saat itu, seperti GateKeeper (wing coaster)pada tahun 2013 dan Valravn (dive coaster)pada 2016 dan juga tahun 2018, Cedar Point mengubah coaster bertipe lama menjadi model terbaru, seperti Rougarou pada tahun 2015 dan Steel Vengeance (RMC hybrid coaster) pada tahun 2018, Steel Vengeance sendiri menurut para coaster enthusiast adalah roller coaster terbaik yang ada di dunia. Selain Steel Vengeance deretan roller coaster ekstrem lainnya juga turut menghiasi Cedar Point, seperti Maverick (launched coaster), Magnum XL-200 (hyper coaster), Millennium Force (giga coaster), dan Top Thrill Dragster (strata coaster). Cedar Point terletak di Sandusky, Ohio.

3. Canada's Wonderland (17 Roller Coaster)

Ternyata di urutan ketiga terdapat theme park dari Kanada yang memiliki 17 roller coaster. Koleksi-koleksi roller coaster tersebut di antaranya seperti  Behemoth (roller coaster berukuran besar dan memiliki trek yang cukup panjang--biasa disebut dengan hypercoaster), Leviathan, (roller coaster bertipe giga-coaster yang memiliki ukuran lebih besar dari Behemotj (dan salah satu coaster terbaik di dunia), dan Wonder Mountain's Guardian (yang justru lebih menyerupai shooting dark ride daripada roller coaster).​ Pada tahun 2019, taman memperkenalkan Yukon Striker, sebuah roller coaster bertipe dive-coaster. Canada's Wonderland terletak di Maple, Ontario, tepat di luar Toronto.

2. Energylandia (19 Roller Coaster)

Dengan dua roller coaster yang direncanakan dibuka pada tahun 2022, termasuk wahana yang memacu adrenalin, yaitu Choco Chip Creek (extreme steel mine train coaster), Energylandia bisa bergabung dengan daftar ini dan langsung menempati posisi kedua. salah satu roller coster yang terkenal cukup ekstrim, adalah Zadra, yaitu roller coaster bernama steel-wooden hybrid coaster.

1. Six Flags Magic Mountain

Taman nomor satu untuk roller coaster terbanyak dengan jumlah koleksi mencapai 20 roller coaster yang mencengangkangkan Six Flags Magic Mountain (suara simbal crash). Awalnya theme park ini memiliki desain yang cukup cute, yaitu tentang kurcaci. Tetapi saat ini taman hiburan yang terletak di California ini berkembang menjadi surganya para coaster. Cedar Point menampilkan roller coaster bernama Superman: The Escape, yaitu roller coaster bertipe launched shuttle coaster yang dapat mencapai 100 mpj, Koleksi roller coasternya pun sangat beragam, seperti Batman the Rida (inverted coaster), hingga roller coaster hybrid, Twited Colossus (RMC hybrid coaster) Six Flags Magic Mountain terletak di Valencia, California. [era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
theme park,
#
roller coaster,
#
wahana ekstrem