MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Merawat Ban Dari GT Radial

FEB 15, 2013@11:25 WIB | 951 Views

Ban merupakansalahsatu part yang sangatpentingdalamsebuahkendaraan, yakarena part inimerupakansatu-satunyabagiankendaraan yang langsungbersentuhandenganjalan. Mengetahuipengtingnyafungsi ban dalamsebuahkendaraan, sebagaipenggunasudahseharusnyakitalebihtelititerhadap part yang satuini, karenainijugaberkaitanlangsungdengankeselamatanandaselamaberkendara. Ban jugaternyatamemilikicara-carakhususuntukmasalahperawatan, untukmenjagakondisi ban anda agar tetap prima, berikutadasedikit tips dari GT Radial untukmerawat ban kendaraananda.

Tips yang pertama adalah pilihlah jenis ban yang sesuai dengan gaya mengemudi anda saat membeli ban. Untuk hal yang satuinianda bisa meminta rekomendasi langsung kepada penjual ban yang paham tentunya. Dan jangan lupa pastikan ukuran ban yang digunakan sesuai dengan ukuran dan indeks ban yang dianjurkan untukkendaraan yang anda gunakan.

Kedua periksalah tekanan angin ban anda, minimal satu bulan sekali. Tekanan angin yang kurang akan sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan fatal pada bagian ban, bahkan pelek jugalebih rentang penyok jika menghantam lubang dalam keadaan ban kempes. Sedangkan tekanan angin yang berlebihan akan menyebabkan keausan yang tidak merata pada permukaan ban, dan hal ini akan sangat berpengaruh pada saat pengendalian dan pengereman kendaraan.



Ketiga anda perlu merotasi ban kendaraan anda. Rotasi ini sendiri bertujuan untuk mencegah keausan yang tidak merata pada permukaan ban dan juga untuk memperpanjang umur pemakaian ban. Ada dua sistem rotasi ban, sistem pertama dilakukan dengan diagonal atau segaris. Untuk cara diagonal, yang perlu diperhatikan adalah arah penggantian, tukar roda depan kiri dengan belakang kanan, dan ban depan kanan dengan ban belakang kiri. Selanjutnya penggantian sistem segaris, di mana roda depan kanan ditukar pindah dengan roda depan kiri, dan ban belakang kanan dengan ban kiri belakang. Lakukan rotasi pada ban anda setiap 7.500 hingga 10.000 km.

Keempat adalah melakukan balancing dan spooring. Ban perlu di balancing untuk mencegah guncangan dan getaran yang terjadi saat mengemudi, serta keausan yang tidak merata. Balancing sendiri biasanya dilakukan pada setiap penggantian ban baru, melakukan rotasi ban, atau jika ban bergetar pada saat mencapai kecepatan tertentu. Spooring juga perlu dilakukan secara berkala untuk memastikan keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Spooring biasa dilakukan saat melakukan rotasi ban atau jika terjadi gejala-gejala seperti mobil menarik kearah kanan atau kiri pada saat berkendara.

Tips yang terakhir adalah penggantian ban baru. Pada setiap ban telah dilengkapi dengan TWI (Tread Wear Indicator) pada alur telapak ban kendaraan. Jika telapak ban telah menyentuh bagian TWI, hal itu menunjukan banwa ban sudah saatnya untuk diganti. Letak TWI sendiri biasanya ditunjukan dengan tanda segitiga kecil pada dinding ban.

Itu tadi beberapa tips perawaran ban kendaraan anda. Semoga tips tadi bisa bermanfaat bagi kalian semua dan membuat kegiatan berkendara anda menjadi lebih aman, nyaman dan juga menyenangkan.[nur/timBX]

Tags :

#
Tips
#
Ban GT Radial
#
Spooring
#
Tread Wear Indicator