MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Menyetel Idle Ideal Untuk Motor Matic

MAY 21, 2015@14:00 WIB | 9,285 Views

Menggunakan motor matic memang menyenangkan di kota-kota besar seperti Jakarta. Hal ini karena penggunaan motor matic cukup simpel, hanya tinggal gas dan rem saja. Akan tetapi, apakah Anda tahu kalau idle atau yang biasa disebut langsam motor matic tidak sama dengan motor jenis lainnya?

Idle pada motor matic umumnya lebih besar dari motor bebek dan juga motor sport. Hal ini dikarenakan motor matic baru bergerak pada putaran 2400-2500 rpm. Maka idealnya langsam pada motor matic dikisaran 1500-1700 rpm. Kenapa angka tersebut dibilang ideal, Warman dari bengkel Takutic mengatakan bahwa menyetel rpm dikisaran itu dapat menjaga keawetan V-belt dan juga agar motor tidak mudah mati karena idle yang terlalu kecil.

"Langsam motor matic harus lebih tinggi dari motor bebek dan motor sport. Karena supaya mesin motor ngga gampang mati dijalan dan juga supaya fan belt tidak kendor pas mau jalan," kata Warman. Mitos yang beredar di masyarakat bahwa dengan mengecilkan putaran mesin, maka dapat membuat motor lebih sedikit menggunakan bahan bakar alias lebih irit. Hal ini dibantah oleh pria berkaca mata tersebut "Langsam dikecilin itu justru beresiko buat motor matic, karena dapat memperpendek umur fan belt." [dw/timBX]

Tags :

#
Tips Menyetel Idle Ideal Untuk Motor Matic
#
Tips
#
Motor Matic