MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Menaklukan Lintasan Off-road

MAR 22, 2013@15:51 WIB | 1,838 Views

Mengemudikankendaraanpadamedanberlumpuratau off-road tentubukanhal yang mudah, terlebihbagi yang tidakbiasamelintasimedansepertiini, salah-salahmobilakankeluarjauhdarilintasan. MenurutZulpataZainal yang selama 26 tahunberpengalamansebagai Tester Produk PT. Bridgestone Tire Indonesia, melintasimedan off-road memangmemilikicaraberkendara yang berbedadibandingkandengankondisiaspal, danpria yang senangdisapa "Zul" iniinginsedikitberbagitentangtrik-trikmenaklukanmedan off-road kepadaoto lovers.

Hal pertamaharusdiperhatikanadalahjeniskendaraan yang digunakan, pakaimobilberpenggerak4x4, karenainisangatmembantuuntukmenggerakanmobildidalamkubanganlumpur yang banyakditemuipadamedan off-road. "Jangancoba-cobanembuskubanganlumpurdenganmobilberjenis SUV seperti Toyota Avanza ataujenis sedan, apalagi yang berpenggerak2WD, belumsampaikubanganmobilandapastisudahmelintir" tandasZul.

Selainkendaraan, jenis ban yang digunakanjugasangatmemilikiperanpentinguntukbisamengatasimedan off-road. Gunakanlah ban berjenis M/T, jangangunakan ban berjenis A/T. Ban berjenis M/T memangtelahdidesainuntukbisamenembusmedanberatsepertiberlumpur, konturbannya yang memilikikembangantinggiakanmembuat ban jauhlebihmencengkrampadakondisi off-road. Kondisiakanberbalik 180 derajatjikaandamenggunakan ban berjenis A/T, karena ban inimemanghanyadibuatkhususuntukmelintasdiatasaspalperkotaan yang mulus.

Bagi pengendara, cobalah lebih fokus terhadap jalan saat akanmelintasimedan off-road. Kendalikan napsu anda saat melintasi jalan berlumpur, tetap konsentrasi dan jalan dengancara perlahan. "Jangan terlalu nafsu, yang penting lolos, dan jaga kecepatan dengan konstan" tandasnya. Zuljuga mengingatkan bagi para pengendara agar tidak terlalu banyak memainkan stir saat berjalan dilumpur, ikuti saja gerak kemudi sambil mempertahankan posisi kendaraan. Untuk masalah transmisi Zul menyarankan agar menggunakan 4L, ini agar semua penggerak hidup namun tetap low speed, jadi mobilbisa berjalan aman dilumpur pada kecepatan 20 hingga 25 km/jam.

Untuk pengereman memang masih menjadi kendala tersendiri dikondisi jalan berlumpur, biasanya mobilakan sulit berhenti karena grip ban dengan permukaan jalan sangatsedikit. Zul mengutarakan sebaiknya menggunakan engine brake sebagai solusi, karena menurutnya ini merupakan cara paling alami untuk menghentikan kendaraan secara perlahan. Karena penggunaan rem secara berlebihan jugatidak menjadi solusi, ban akan mengunci danmobil tetap meluncur karena permukaan jalan yang licin.[nur/timBX]

Tags :

#
Tips
#
Menaklukan Lintasan Off-road
#
Zulpata Zainal
#
PT. Bridgestone Tire Indonesia
#
Bridgestone