MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips: Jangan Panik Saat Rantai Motor Putus

AUG 18, 2015@16:00 WIB | 23,112 Views

Fungsi rantai pada sepeda motor adalah menyalurkan tenaga dari mesin untuk berakselerasi. Namun kadangkala setingan rantai yang kurang tepat dapat menyebabkan peranti yang satu ini menjadi rusak atau putus. Jika rantai sepeda motor putus, jangan panik dahulu, karena kami akan berikan tipsnya untuk Anda.

Rantai atau chain drive merupakan peranti yang tidak terlalu mahal, namun cukup merepotkan jika tiba-tiba penyalur daya kendaraan ini putus. Peranti yang satu ini mempunyai sambungan atau connecting chain. Benda inilah yang bisa Anda gunakan untuk sementara jika mengalami rantai putus ditengah jalan. Caranya adalah mengganti bagian rantai yang putus dengan sambungan tersebut tadi.

Alat yang anda butuhkan adalah sebuah tang lancip, connecting drive dan juga kunci-kunci roda. Copot bagian rantai yang putus menggunakan tang lancip, kemudian setelah terlepas, pasangkan sambungan tadi pada rantai yang putus. Dengan ini rantai motor Anda kini mempunyai dua sambungan. Lepaskan ban menggunakan kunci roda lalu pasangkan rantai kembali pada tempatnya.

Tentunya hal ini adalah tindakan darurat, artinya bersifat sementara saja. Hal ini dikarenakan jika rantai sudah putus maka ada komponen yang harus diganti. Masa pakai rantai dan sproket gir sendiri adalah 15000 km atau telah berusia 1-2 tahun. Connecting chain sendiri dipasaran hanya dihargai Rp 5 ribu, Sedangkan rantai motor berkisar Rp 40-50 ribu. [dw/timBX]

Tags :

#
Tips
#
Tips Otomotif
#
Tips Rantai Motor
#
Rantai Motor
#
Auto Tips