MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Praktis Mengeluarkan Udara Pada Kaliper Motor Anda

OCT 30, 2010@11:31 WIB | 24,227 Views

Rem cakram merupakan salah satu jenis rem yang banyak dipakai di dunia otomotif saat ini. Dari segi optimalisasi penghentian laju kendaraan, kinerja rem cakram terbukti jauh lebih handal dibanding rem tromol. Tetapi sering kali ada beberapa masalah yang timbul akibat pemakaian atau pemasangan yang tidak tepat dari rem cakram. Hasilnya akan akan timbul gejala yang kurang nyaman dari motor anda seperti rem blong atau macet yang penyebabnya bermacam-macam. Salah satu yang sering ditemui ialah munculnya udara palsu di dalam kaliper rem cakram kita.

Jika rem macet atau blong karena ada udara, tenang saja anda tidak perlu terburu-buru untuk menganti kaliper rem anda. Ada cara praktis yang sesungguhnya dapat anda lakukan sendiri.

- Langkah pertama yang anda harus siapkan menyiapkan selang aquarium bening yang berukuran -/+ 1.5 meter.

- Lalu selanjutnya yang kedua anda buka tutup wadah oli rem anda dan buka juga saluran pembuangan udara yang terdapat pada kaliper rem motor anda.

- Lalu langkah ketiga anda masukan salah satu ujung selang ke saluran pembuangan udara. Dan untuk ujung selang yang satu lagi anda taruh pada wadah oli rem anda.

- Langkah keempat anda pompa terus menerus handling atau pijakan rema anda sampai oli mengalir melalui selang dari saluran pembuangan udara kembali ke tempat penampungan. Serta anda perhatikan selama masih ada gelembung udara pada selang, anda lakukan terus menerus.

Jika oli yang mengalir pada selang sudah bersih dan tidak ada gelembung udara. Anda hentikan dan tutup kembali saluran udara kaliper rem serta penutup wadah oli anda. Cara ini memang praktis tetapi ada yang wajib anda perhatikan. Posisi saluran udara pada kaliper rem harus selalu menghadap atas. Agar oli rem yang anda pompa dapat mengalir dengan lancar. [jri/timBX, source : Lauw Beny, Aneka Motor Modification Jln. Raya Solo Baru, Sukoharjo-Solo]      

Tags :

#
Oto tips
#
Cara Praktis Mengeluarkan Udara Pada Kaliper Motor Anda

RELATED ARTICLE