MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Langkah Mudah Cek Tekanan Angin ban

JUN 20, 2015@12:00 WIB | 35,846 Views

Ban merupakan bagian yang paling vital dari sebuah kendaran, karenanya menjaga kondisi ban agar selalu prima merupakan faktor keharusan agar tak mengalami masalah di perjalanan. Cara untuk menjaga kondisi ban satu diantaranya dengan selalu memperhatikan tekanan angin yang sesuai rekomendasi pabrikan mobil. Caranya pun mudah dengan alat yang sederhana, cukup minimal sebulan sekali.

1. Cek saat kondisi ban dingin
Untuk memeriksa kondisi angin ban, sebaiknya lakukan pengecekan saat kondisi ban dingin. Waktu paling tepat yakni pagi hari sebelum mobil digunakan.

2. Gunakan alat cek tekanan angin
Memriksa tekanan angin ban jangan dengan memukul atau menekan ban. Gunakan alat periksa tekanan angin yang baik. Tempelkan alat di pentil ban dan periksa berapa tekanan angin pada ban tersebut.

3. Ukuran tekanan angin di pintu pengemudi
Guna mengetahui berapa ukuran tekanan angin ban yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil Anda, bisa dilihat pada stiker yang menempel di pintu pengemudi.

4. Gunakan air sabun
Air sabun digunakan untuk mengecek apakah ada kebocoran angin di sekitar pentil ban. Saranya usampan air sabun di seluruh permukaan pentil, apabila ada gelembung yang muncul maka menjadi tanda kebocoran angin. Setelah selesai jangan lupa pentil di tutup kembali.

5. Jangan lupakan ban cadangan
Pemeriksaan tekanan angin ban juga wajib dilakukan pada ban cadangan. Karena jika ban yang digunakan mengalami masalah di tengah jalan seperti terkena paku, maka ban cadangan selalu dalam kondisi baik. [Pra/timBX]

 

Tags :

#
5 Langkah Mudah Cek Tekanan Angin ban
#
Tips
#
Angin Ban