MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Jurus Merawat Wiper Mobil

APR 25, 2014@15:13 WIB | 4,079 Views

Dalam melakukan perawatan mobil, sering kali piranti wiper menjadi kurang diperhatikan oleh para pemilik kendaraan. Sejatinya, piranti ini memiliki peranan sangat penting ketika hujan turun. Oleh karena itu, ada kalanya anda coba melakukan beberapa tips yang akan tim BX berikan pada autotips kali ini. Ada beberapa hal yang dapat anda perhatikan dalam merawat wiper agar tetap dalam kondisi prima.

Pertama, dalam melakukan perawatan mobil sebaiknya anda lakukan di bengkel resmi. Hal ini untuk meminimalisir kelengahan anda terhadap perangkat wiper, pasalnya ketika anda melakukan service dibengkel resmi para mekanik pun senantiasa melakukan perawatan dan pengecekan terhadap wiper mobil anda.

Kedua, angkat wiper dibawah terik matahari. Dalam kondisi diam, atau sedang terparkir, ada baiknya anda mengangkat wiper anda ketika terik panas. Hal ini dianjurkan untuk menjaga karet wiper anda agar tidak menjadi keras atau rusak. Pasalnya, pantulan panas yang direfleksikan oleh kaca menghasilkan panas yang dapat merusak karet wiper tadi.

Ketiga, Bersihkan karet wiper seminggu sekali. Ini mungkin yang kadang terlupa oleh para pemilik kendaraan. Membersihkan karet wiper ini dapat anda lakukan sendiri dirumah, dengan menggunakan lap basah dan air sabun, anda bisa membersihkan wiper tersebut dengan seksama. Setelah dibersihkan dengan menggunakan air sabun, jangan lupa untuk mengguyurnya dengan air bersih secara merata agar busa atau cairan sabun tadi tidak tertinggal pada permukaan wiper anda.

Keempat, isi air wiper dengan air yang bersih. Sering kali ada beberapa pengguna mobil yang menggunakan air sabun sebagai amunisi air wiper, hal ini tidak dianjurkan, pasalnya ketika air sabun tersebut kelupaan diganti atau terlambat diganti dapat menghasilkan lumut atau lendir yang dapat membuat motor washer menjadi mampet. Jadi anda disarankan untuk menggunakan air bersih sebagai pasokan untuk air wiper.

Kelima, cara terakhir ini anda dapat lakukan dengan cara membersihkan kaca secara manual. Jika dalam kondisi kaca mobil anda kotor, sebisa mungkin untuk melakukan pembersihan secara manual, artinya anda harus mengguyurkan air bersih ke kaca depan anda dan basuh permukaan tersebut dengan lap bersih hingga kaca depan mobil anda kering dan terbebas dari debut.

Kelima cara tersebut, kiranya dapat anda lakukan untuk perawatan wiper mobil anda. Semoga bermanfaat![Har/timBX]

Tags :

#
Tips
#
5 Jurus Merawat Wiper Mobil
#
Wiper