MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota Tutup 5 Pabrik

APR 17, 2011@09:49 WIB | 393 Views

Masih mengenai imbas dari musibah yang melanda Jepang bulan lalu, setelah berhenti beraktivitas selama berminggu-minggu Toyota Motor Corp kembali membuka aktivitas pabrik pada akhir Maret kemarin, namun beroperasinya kembali pabrik bukan berarti jauh dari masalah, belum lama ini Toyota dikabarkan menghentikan produksi di lima pabrik Eropa selama beberapa hari pada bulan April dan Mei karena kekurangan pasokan dari Jepang.

Adapun kelima pabrik tersebut adalah Burnaston dan Deeside plants di Inggris,  Adapazari di Turki, Valenciennes di perancis, dan Jelcz-Laskowice di Polandia. Kelima pabrik ini akan tutup pada tanggal 21 dan 22 April, 25 hingga 29 April dan pada tanggal 2 Mei. IHS Global Insight analyst, Paul Newton mengatakan pabrikan mobil dapat mencari pemasok alternatif untuk parts mereka, tapi jika re-engineering dibutuhkan untuk memberi bentuk, ini akan menjadi mahal dan memakan waktu," kayanya.

Hal serupa tak hanya dirasakan oleh Toyota, Honda juga kabarnya mengurangi separuh produksi di Inggris karena kekurangan beberapa parts. Sementara itu masalah lain juga di hadapi oleh pabrik Ford Motor Co, di Genk, Belgium, selama lima hari sejak awal April guna menjaga serta melestarikan pasokan parts yang terancam akibat bencana alam di Jepang. Beda lagi dengan PSA Peugeot Citroen, produsen mobil Eropa terbesar kedua, untuk sementara waktu mengurangi produksi bulan lalu di beberapa tempat di Eropa karena penurunan pasokan dari mitranya di Jepang, Hitachi.[san/timBX] 

Tags :

#
Toyota Motor Corp
#
Toyota
#
Tutup 5 pabrik
#
IHS Global Insight analyst
#
PSA Peugeot Citroen