MENU
icon label
image label
blacklogo

Subhan Aksa Tengah Siapkan Seri Rally Portugal

APR 02, 2014@10:15 WIB | 737 Views

Reli Portugal musim 2013 kemarin, masih menyisakan banyak cerita dihati Subhan Aksa, salah satu pereli berprestasi tanah air. Kembali ditahun ini, Ubang (Sapaan akrab Subhan) melancarkan seri perdananya di Lisbon, Portugal. Tampaknya tragedi yang pernah menimpa Ubang, tidak membuatnya jera akan track gravel yang ia hadapi. Selain penasaran dengan lintasan gravel yang mirip dengan kondisi ditanah air, ia pun merasa ajang Rally Portugal sebagai arena yang sangat cocok mengasah skill dibelakang kemudi.

“Lintasannya sangat teknikal. Banyak crest (tikungan buta atau ujungnya tak kelihatan) sehingga akurasi pacenote sangat vital. Saya banyak belajar pada tahun lalu dan sekarang ingin lebih banyak belajar lagi di sini, khususnya soal teknik mengemudi maupun set up mobil,” ujar Ubang yang sudah berada di Portugal sejak pekan lalu dan melakoni testing pada Senin (31/3) di beberapa rute reli.

Pada tahun lalu, ia dan navigatornya, Nical Arena (Italia) mengalami nasib kurang baik karena mobil Ford Fiesta RRC melintir dan masuk jurang. Namun pada tragedi tersebut, dirinya masih terselamatkan oleh pohon yang menahan laju mobil kedasar jurang. “Kalau dibilang bikin penasaran, ya memang betul. Tapi, motivasi saya sepenuhnya untuk mematangkan skill, mengasah diri. Sangat banyak lokasi SS yang konturnya jarang ditemui di trek lain dan itu sangat menarik untuk dipelajari dan dilewati dengan kecepatan tinggi,” tambah Ubang.

Sejumlah pereli berpengalaman ambil bagian di WRC2 seperti Nicolas Fuchs (Peru), Robert Barrable (Irlandia), Jari Ketomaa (Finlandia), Valeriy Gorban (Ukraina), Yuriy Protasov (Ukraina) dan sejumlah pereli Eropa lainnya. Belum lagi para pereli ‘padang pasir’ yang kenyang pengalaman, pakai mobil kelas satu serta dukungan finasial yang besar macam Nasser Al-Attityah (Qatar), Abdulaziz Al-Kuwari (Qatar), dan Rashid Al-Ketbi (Saudi Arabia). “Mudah-maudahan sesi balapnya nanti berlangsung kering. Kondisi lintasan bisa berantakan kalau hujan dan tak bakal banyak yang bisa saya pelajari,” tandas pemegang tiga gelar juara Indonesia ini.[Har/timBX]

Tags :

#
Subhan Aksa
#
Reli Portugal 2013
#
Nical Arena
#
WRC2
#
Nicolas Fuchs
#
Robert Barrable
#
Jari Ketomaa
#
Valeriy Gorban
#
Yuriy Protasov
#
Nasser Al-Attityah
#
Abdulaziz Al-Kuwari
#
Rashid Al-Ketbi
#
Ford Fiesta RRC
#
Ford