MENU
icon label
image label
blacklogo

Saham Ferrari Dijual Ke Publik

SEP 22, 2010@09:17 WIB | 847 Views

Mungkin anda menjadi sebagian orang yang beruntung untuk memiliki Ferrari jadi bagian dalam hidup anda. Tetapi tidak sedikit orang yang masih sangat jauh dari sekedar berangan untuk memiliki Ferrari California atau 458 Italia untuk ditempatkan dalam garasinya. Tetapi hal ini bukan berarti anda tidak bisa memiliki sepotong dari bagian perusahaan pembuat supercar Marranello tersebut. Menurut pernyataan Fiat S.p.A CEO Sergio Marchionne bahwa ada kemungkinan masalah IPO bisa dilakukan untuk mobil buatan Ferrari 2014.

Kami tahu bahwa beberapa penggemar akan melompat kegirangan jika mengetahui hal ini. Karena dimungkinkan untuk membeli hanya satu saham ferrari saja, untuk menjadi salah satu fitur hiasan yang tergantung di dinding rumah. tetapi pertanyaannya sekarang berapa banyak saham yang akan dijual dari perusahaan yang hanya menjual lebih dari 6.000 kendaraan per tahun ini? Pastinya akan sedikit sekali. Morgan Stanley merasa terhormat baru-baru ini karena penjualan produsen mobil eksotis itu mencapai US$ 3.1 milyar atau US$ 100 juta lebih dibanding volume Fiat.

Itu tidak menyakitkan seperti yang anda bayangkan, Ferrari secara rutin meraup keuntungan US$ 300 juta sampai US$ 400 juta dengan margin keuntungan 13 persen dari tiap harga kendaraannya. Tentu saja dengan branding yang luar biasa dan mencakup segalanya mulai dari pakaian sampai ke elektronik ini merupakan keuntungan yang konyol.

Sementara itu IPO Ferrari akan menjadi sedikit cairan emas untuk Fiat, Marchionne juga menyebutkan bahwa dia lebih jatuh cinta pada Turin, produsen mobil berbasis Italia itu kembali ke gaya tradisionalnya dengan kepemilikan saham sebesar 90 persen. Sejak 10 persen Ferrari Enzo diturunkan kepada perusahaan anaknya. Ya, kalo mobilnya masih jauh dari harapan. Selembar sahamnya pun jadi.[jri/timBX]       

Tags :

#
Ferrari
#
Saham
#
California
#
458 Italia
#
Marranello