MENU
icon label
image label
blacklogo

Polaris Siap Produksi Ban Non-Pneumatic Tahun Depan

MAR 14, 2013@14:36 WIB | 715 Views

 

Polaris yang terkenalsebagaisebuahperusahaanpembuatkendaraan off-road diluarnegeri, mengumumkanniatannyauntukmemproduksi ban airless tahundepan. Ban inisendirimerupakan ban berjenis Non-Pneumatic Tire (NPT) yang menggunakandesainberbedadibandingkan ban padaumumnyakarenatidakmenggunakanudara. Sebelumnyateknologi ban inidikembangkanoleh Wisconsin yang jugabagiandari Resilient Technologies, perusahaantersebutdibeli Polaris padatahun 2012, dankinimerekaakanmenjualteknologi ban masadepan yang telahdikembangkantersebut.

Menurutpihak Polaris, padaawalnya ban iniditawarkanuntukseluruhkendaraandiberbagaimedanataudengankata lain diplotsebagaisebuah ban universal. Namununtuksaatinisendiri, perusahaansedangmempertimbangkanuntukmengaplikasikanteknologibarupada ban untukmembuat ban lebihspesifik. Jenis ban nantinyaakandibuatberagamdenganmemodifikasibagiantapakterluar ban yang menyentuhaspal, karettersebutnantinyaakandidesainsedemikianrupadarihal material danpola agar bisalebihfokusuntuksatupenggunaan yang lebihmaksimal.

Dengandiproduksinya ban bertipe Non-Pneumatic ini, kendaraandiharapkanbisamemilikitingkatkonsumsibahanbakar yang lebihbaikdanjugabisameningkatkanperformakendaraandenganberbagaikeunggulan yang dimilikinya. Selainituadajugabeberapakeuntungan lain yang bisadidapatdenganmenggunakanbahan Pneumatic ini, sepertilimbah yang lebihsedikitkarenahanyabagianluar yang harusdiganti, danjugamengurangi noise akibatgesekan ban denganaspal yang pastinyaakanmembuatandalebihnyamansaatberkendara.



Ban bertipe Non-Pneumatic inisendiribukanlahsebuahhalbarulagididuniaotomotif. Padatahun 2005 Michelin sempatmempresentasikanprodukserupa yang merekapanggildengan 'Tweel'. Sementaraitumenjelangakhir 2011 lalu, pihak Bridgestone jugamelakukanhal yang samadenganapa yang dilakukan Michelin. Perbedaanutamaantarakeduaperusahaan ban ternamadiduniatersebutdengan Polaris adalahpadakonsistensi, Polaris berencanamemproduksi ban masadepantersebut, dankeduaperusahaanlainnyahinggasaatinitidakmenunjukantanda-tandaakanhaltersebut.[nur/timBX]

Tags :

#
Polaris
#
Michelin
#
Bridgestone