MENU
icon label
image label
blacklogo

Mobil Tidak Biasa Era 80-an

OCT 05, 2015@13:10 WIB | 2,143 Views

Pada masa jayanya, desain mobil-mobil era 80-an memang terlihat kurang menarik bahkan terlihat konyol dan aneh jika dilihat pada saat sekarang ini. Maklum saja, karena pada saat itu teknologinya juga belum sebaik seperti sekarang ini. Berikut kami tampilkan 15 mobil dengan desain tidak biasa pada 80-an.

1. Vector W2

Dari namanya saja sudah terdengar kurang familiar di telinga. Mobil ini memiliki desain yang nyeleneh layaknya sebuah pesawat jet. Terutama pada bagian kabin, interior kendaraan ini mirip dengan sebuah kokpit dalam sebuah pesawat jet. Tidak heran jika mobil ini mendapat peringkat pertama dengan desain yang paling nyeleneh.

2. Lamborghini Countach

Secara teknis desain mobil ini mirip dengan sports car pada umumnya-pada masanya-. Pabrikan mobil asal Italia ini mendesain Countach meruncing pada bagian depan mobil sehingga seolah-olah mobil tersebut memilki mata yang sipit. Mobil ini juga kencang pada masanya, teknisi dari negeri Pizza tersebut membuat mobil ini pantas dihargai mahal oleh para konsumennya.

3. DeLorean DMC-12

Bagi Anda yang suka pernah menonton film Back to The Future tentunya kenal dengan mobil yang satu ini. Pada masa jayanya, mobil ini menjadi kendaraan yang paling dicintai selama satu dekade. Yang unik dari DeLorean adalah, mobil ini hanya memiliki satu varian dengan warna besi sehingga seringkali disebut bahwa mobil ini dibuat dengan menggunakan perabotan dapur.

4. Porsche 959

Mobil buatan Jerman ini mungkin khilaf saat mendesain Porsche seri 959. Dari segi bentuk, kendaraan roda empat ini jauh dari kata bagus dan tidak mencirikan sebuah mobil premium. Meskipun memiliki desain yang menggelikan, Porsche 959 memenangkan balapan 24 Hours of Le Mans dan juga reli Paris Dakar.

5. Pontiac Fiero

Pontiac Fiero diluncurkan bersamaan dengan kampanye mereka dengan slogan "we are driving excitement". Hal tersebut dianggap berhasil terutama pada edisi pertama dari Fiero tersebut. Namun kemudian kesalahan produksi membuat reputasi mobil buatan negeri Paman Sam ini menjadi buruk. Beberapa produk Fiero dilaporkan terbakar akibat kesalahan produksi tersebut.

6. Mustang SVO

Lahirnya Mustang SVO diharapkan dapat bersaing dengan mobil buatan Eropa. Berbeda dengan Mustang pada umumnya, mobil ini menyasar konsumen kelas atas maka dari itu SVO memiliki desain yang tidak biasa. Pada masa akhir produksi, mobil ini dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 200 hp.

7. Chrysler LeBaron

Bagi sebagian orang, memiliki LeBaron pada era 50-an sama halnya Anda memilki sebuah Mercedes-Benz atau Lexus pada saat ini. Namun, jika Anda menggunakan mobil ini pada era 80-an, maka dapat dipastikan bahwa Anda adalah seorang pekerja di bidang retail. LeBaron dijuluki sebagai Chrysler paling buruk yang pernah dibuat, hal ini dikarenakan ornamen kayu yang melekat pada bagian bodi membuat mobil ini tidak laku.

8. Aston Martin Lagonda

Jika Anda adalah pecinta mobil-mobil buatan Inggris seperti Aston Martin, maka Anda harus tau bahwa pabrikan asal negeri Ratu Elizabeth ini pernah membuat mobil dengan desain yang sangat aneh. Lagonda memang tidak terlalu dikenal banyak orang, hal ini disebabkan karena model ini hanya bertahan beberapa tahun dan dianggap sebagai ide gila dari sang desainer.

9. Toyota MR2

Tidak hanya pabrikan Eropa, pabrikan asal Jepang seperti Toyota sekalipun pernah membuat mobil dengan desain yang cukup aneh. Pada era 80-an, MR2 dijuluki sebagai Mr. Coffee dan Mr. T. Diluar komunitas, mobil ini kurang mendapat tempat di hati para konsumen.

10. Saab 900 Turbo

Produsen mobil Saab memiliki kebiasaan layaknya pabrikan Rolls-Royce, yang menggelontorkan banyak dana untuk membuat sebuah mobil dengan karya terbaik namun juga kencang. Namun faktanya berkata lain, tidak seperti Rolls-Royce, Saab 900 Turbo tidak sekencang yang dibayangkan.

11. Cadillac Fleetwood Brougham

Fleetwood Brougham bukanlah produk Cadillac yang paling sukses sepanjang masa. Namun pasti Anda sering melihat kendaraan ini wara-wiri di layar kaca, Mobil ini acapkali digunakan para gangster pada era 80-an.

12. Pontiac Firebird

Ingat serial The Knight Rider? mobil ini adalah cikal bakal dari karakter Kit yang ditunggangi oleh David Hasselhoff. Mobil ini memang tidak terlahir sebagai kendaraan yang kencang, namun mobil ini memiliki kharisma tersendiri bagi pengendaranya.

13. Chevrolet Camaro IROC-Z

Sama-sama dari AS dan memiliki tampang yang mirip-mirip, Chevrolet Camaro IROC-Z tidak langsung berhasil memikat para kaum muda untuk membeli mobil ini. Produk lansiran era 80-an ini justru digandrungi oleh kalangan pebisnis. 

14. Subaru BRAT

Sekilas, tampang Subaru BRAT mirip dengan Toyota mark II. Namun model pick up dan juga penggerak empat roda menjadi pembeda dari BRAT. Mobil ini menjadi kendaraan favorit dari Presiden AS Reagan sebelum beliau memilki sebuah Jeep.

15. Ferrari Testarossa

Kendaraan berlogo kuda jingkrak ini memiliki basic desain yang serupa dengan DeLorean. Sports car asal Italia ini sangat terkenal berkat serial Miami Vice pada era 80-an. Enzo Ferrari memberikan Testarossa berkelir hitam untuk dipergunakan dalam serial terkenal tersebut. [dw/timBX]

Tags :

#
Mobil 80-an
#
Mobil Retro
#
Mobil Klasik
#
Vector W2
#
Lamborghini Countach
#
DeLorean DMC-12
#
Porsche 959
#
Pontiac Fiero
#
Mustang SVO
#
Chrysler LeBaron
#
Aston Martin Lagonda
#
Toyota MR2
#
Saab 900 Turbo
#
Cadillac Fleetwood Brougham
#
Pontiac Firebird
#
Chevrolet Camaro IROC-Z
#
Subaru BRAT
#
Ferrari Testarossa