MENU
icon label
image label
blacklogo

Mesin 1.0-liter EcoBoost, teknik rekayasa inovatif yang revolusioner

AUG 14, 2014@21:00 WIB | 1,227 Views

Menilik ke belakang seputar perkembangan mesin 1.0-liter EcoBoost andalan Ford, kita akan tahu bagaimana akhirnya sebuah proses kerja keras membuahkan hasil yang sempurna. Yups, tercatat lebih dari 200 ahli mesin dan desainer dari pusat penelitian dan pengembangan Ford di Aachen dan Merkenich, Jerman, dan Dagenham dan Dunton, Inggris menghabiskan lebih dari lima juta jam untuk mengembangkan mesin 1.0-liter EcoBoost.   

Mesin kompak, dengan turbocharger inertia rendah berputar hingga 248.000 rpm – lebih dari 4.000 kali per detik dan hampir dua kali lipat rpm maksimum dari turbocharger mesin mobil balap F1 tahun 2014.

Turbocharger pada mesin 1.0-liter EcoBoost 140 PS dapat mengantarkan 1.6 bar (24 psi) tekanan gas awal. Tekanan tembakan puncak sebesar 124 bar (1.800 psi) setara dengan gajah Afrika dengan berat lima ton yang berdiri di atas piston.

Dengan blok mesin cast iron yang cukup kecil untuk muat di dalam kompartemen bagasi atas kepala penumpang pesawat. Mesin ini juga dilengkapi kepala silinder aluminium dengan knalpot terintegrasi yang dapat menurunkan temperatur gas buang untuk mengoptimalkan rasio bahan bakar terhadap udara.

Mesin 1.0-liter EcoBoost sendiri pertama kali meluncur resmi di Eropa pada tahun 2012 bersama Ford Focus. Kini aplikasi sang mesin revolusioner berkembang begitu cepat sehingga 1.0-liter EcoBoost kini tersedia di sembilan kendaraan Ford yakni Fiesta, B-MAX, EcoSport, C-MAX dan Grand C-MAX, Tourneo Connect, Tourneo Courier, Transit Connect dan Transit Courier.

Torehan Prestasi

Semua inovasi yang ada pada mesin EcoBoost 1.0 liter membuatnya mendapatkan nilai tertinggi dalam sejarah penghargaan International Engine of the Year tahun 2014 ini. Juri dari 82 jurnalis otomotif dari 35 negara di seluruh dunia juga menggelari mesin ini sebagai "Best Engine Under 1.0-liter". Ford adalah satu-satunya dari tiga produsen mobil yang mencatatkan kemenangan beruntun selama tiga tahun berturut-turut dalam 15 tahun sejarah penghargaan tersebut.

Total Mesin Ford EcoBoost 1.0 liter telah memenangkan 13 penghargaan bergengsi seperti diantaranya International Paul Pietsch Award 2013 untuk inovasi teknologi di majalah Jerman Auto Motor und Sport, Best Cars Awards dan Dewar Trophy dari Royal Automobile Club di Inggris, serta Breakthrough Award dari majalah Popular Mechanics di AS.[mot/timBX]

Tags :

#
Mesin 1.0-liter EcoBoost
#
Ford Fiesta EcoBoost 1.0 Liter
#
Ford Motor Indonesia
#
Ford
#
Ford Fiesta EcoBoost