MENU
icon label
image label
blacklogo

Menguji Langsung Ketangguhan Ban Ecopia MPV-1

JAN 30, 2014@11:18 WIB | 22,843 Views

Lepas diluncurkan secara resmi, PT. Bridgestone Tire Indonesia (BSIN) menantang awak media untuk test drive langsung Minivan yang dibalut ban Ecopia MPV-1.

Dua MPV lantas dijadikan percobaan yakni Nissan Grand Livina dan Toyota Kijang Innova. Kedua mobil ini dipilih karena mempunyai wheelbase lebih panjang di kelasnya sehingga lebih safety ketika test drive. Adapun pengetesan yang dilakukan meliputi 3 unsur yakni test free rolling (laju mobil dalam kondisi mesin mati), test di lintasan basah (wet), dan test di lintasan kering (dry).

Di uji free rolling dengan 3 unit Nissan Grand Livina yang dibalut ban non Eco, ban Eco dari kompetitor, dan ban Ecopia MPV-1, mobil diluncurkan dari kendaraan towing dalam kondisi mesin mati. Adapun rata-rata hasilnya ialah ban non eco hanya mencapai 59 m, ban eco kompetitor mencapai 68,55 m, dan ecopia MPV-1 berhasil mencapai 70,15 m. Meski tidak terlampau jauh dengan kompetitor yang eco terbukti Ecopia MPV-1 sedikit lebih baik.

Pengujian selanjutnya ialah pengetesan 4 Nissan Grand Livina di lintasan basah yang melingkar dimana masing-masing Livina tersebut dibalut ban non-eco, ban eco kompetitor, ban Ecopia EP150, dan ban Ecopia MPV-1. Di uji yang kedua ini para awak media sepakat akan ketangguhan ban Ecopia MPV-1 dengan traksi yang lebih baik sehingga meminimalisir over steer dan under steer.

Ecopia MPV-1 mampu mencapai kondisi tersebut berkat pengembangan materi khusus Ecopia yang menurunkan koefisien hambatan gulir dengan mengurangi hilangnya energi pada puncak kompon selama bergulirnya ban. Tidak hanya itu, puncak kompon tadi lantas dikombinasikan dengan desain tapak ban yang menghubungkan blok dan rib yang tipis sehingga meningkatkan kinerja tekanan kontak ban dengan jalan serta pengereman saat kondisi basah.

Di uji yang terakhir yakni di lintasan kering disiapkanlah 4 unit Kijang Innova juga dengan 4 ban berbeda yakni ban non-eco, ban eco kompetitor, ban Ecopia EP150, dan ban Ecopia MPV-1. Pengetesan di lintasan kering dengan 1 pengemudi dan 1 penumpang plus beban dibelakang, Ecopia MPV-1 juga semakin membuktikan ketangguhannya. Pasalnya ban ini sudah menerapkan pola asimetris pada bannya untuk mengatasi berbagai masalah yang sering muncul di jalan dengan dua sisi pola berbeda yakni sisi dalam dan sisi luar.

Sisi dalam Ecopia MPV-1 mengaplikasikan mengaplikasikan alur slot pada daerah pundak ban sebelah dalam untuk mencegah keausan ban yang tidak merata pada saat bersamaan memberikan traksi yang lebih baik pada saat kendaraan penuh dengan penumpang dan barang bawaannya. Sementara, pola Sisi luar diperkuat dengan blok pundak yang lebih lebar sehingga mampu meningkatkan stablitas dan pengendalian yang langsung pada saat menikung.

ECOPIA MPV-1 juga menerapkan fitur unik pada sisi dalam dan sisi luar ban yang mampu mengatasi gejala ban mengalami side skid (tekanan pada sisi samping/dinding ban pada saat berkendara di jalanan yang tidak normal) sehingga mampu meningkatkan kestabilan dan respon yang lebih baik kepada pengendara. Satu hal lagi, Ecopia MPV-1 terbukti sanggup mengurangi tingkat kebisingan ban ke dalam kabin sehingga anda bisa berkendara lebih nyaman.[mot/timBX]

Tags :

#
PT. Bridgestone Tire Indonesia
#
PT. BSIN
#
Bridgestone
#
Bridgestone Ecopia MPV-1
#
Bridgestone Ecopia EP150
#
Nissan
#
Toyota
#
Nissan Grand Livina
#
Toyota Kijang Innova

RELATED ARTICLE