MENU
icon label
image label
blacklogo

Kaleidoskop MotoGP 2014 (part 1)

JAN 02, 2015@16:00 WIB | 1,303 Views

Musim balap MotoGP 2014 telah berakhir, musim balap tahun ini menyisakan banyak cerita menarik. Mulai dari seri pertama di Qatar, persaingan antara Marc Marquez dan Valentino Rossi sebenarnya sudah menjadi tanda-tanda keseruan seluruh musim 2014. Pada GP Qatar Baby Alien berhasil keluar menjadi pemenang diikuti Rossi.

Lalu pada seri kedua yang berlangsung di Texas, Amerika Serikat. Kejadian yang cukup menarik banyak perhatian adalah peristiwa dimana Jorge Lorenzo tertangkap kamera melakukan jump start. Hal ini merupakan awal kejatuhan pebalap berjuluk X Fuera tersebut. Pada seri kedua MotoGP ini Marquez kembali menjadi juara diikuti Dani Pedrosa dan Andrea Dovizioso.

Pada seri ketiga, MotoGP untuk pertama kalinya menggelar balapan di Argentina sejak tahun 1999. Lorenzo yang sejak start mengambil alih pimpinan lomba disalip oleh dua pebalap Repsol Honda. Pebalap Movistar Yamaha harus puas finis ditempat ketiga diikuti rekan satu timnya Rossi. Pebalap Ducati Cal Crutchlow digantikan oleh Michele Pirro karena mengalami cedera.

Alvaro Bautista dari tim Go&Fun Honda Gresini adalah pebalap satelit pertama yang naik podium pada GP Le Mans. Pada seri kelima ini, Marquez sempat terlempar dari posisi terdepan ke urutan kesepuluh. Namun Marquez mampu bangkit dan akhirnya keluar sebagai pemenang setelah menyudahi perlawanan Rossi yang sejak awal memimpin lomba.

Pada GP Mugello, Lorenzo mulai bangkit dan mampu memberikan perlawanan sengit bagi Marquez. Meskipun pada akhirnya pebalap bernomor start 93 tetap keluar sebagai pemenang dari seri ini, namun perlawanan dari Lorenzo cukup membuat jalannya lomba menjadi seru dan menarik. Rossi yang membalap dirumahnya sendiri hanya mampu bertengger ditempat ketiga dengan selisih waktu dua detik.

Marquez tidak mencetak pole position untuk pertama kalinya di Catalunya, Spanyol. Pebalap kelahiran Cervera, Spanyol tersebut sempat terjatuh namun untungnya tidak mengalami cedera yang serius. Meskipun sempat terjatuh dan tidak memulai balapan dari tempat terdepan, namun Marquez kembali menunjukkan superioritasnya atas Rossi.

Assen adalah satu-satunya balapan MotoGP yang digelar pada hari Sabtu. Sirkuit Assen, Belanda sempat diguyur hujan yang lumayan deras. Pebalap Ducati Andera Dovizioso melakukan keputusan berani yang membuat dirinya berhasil finis ditempat kedua dibelakang Marquez. Aleix Espargaro dari tim NGM Forward Yamaha membuat sejarah baru dalam MotoGP, dia adalah pebalap open class pertama yang berhasil meraih pole position.

Perubahan cuaca yang terjadi di GP Jerman membuat 14 pebalap memulai lomba dari dalam pit!. Dalam lomba ini Marquez mencetak kemenangan kesembilan secara beruntun. Pebalap muda Stefan Bradl yang memilih motor untuk balapan kering sejak awal lomba harus pasrah tercecer hingga ke posisi ke 16, meskipun dirinya memimpin lomba sejak awal.

Di Indianapolis, Marquez lagi-lagi mencetak kemenangan berharga. Kemenangannya kesepuluh milik Marquez ini membuatnya semakin kokoh dipuncak klasemen. Lorenzo dan Rossi yang mencoba mengalahkan baby alien masih belum membuahkan hasil. Leon Camier membuat debut pertama dengan menggantikan posisi Nicky Hayden yang masih dibekap cedera.

Sirkuit Brno menjadi saksi sejarah patahnya dominasi Marquez, rekan satu timnya Dani Pedrosa berhasil memenangkan lomba kali ini. Rossi yang mengalami patah tulang jari berhasil meladeni perlawanan keras dari Marquez untuk merebut podium ketiga. Pada GP Ceko pebalap tim NGM Forward Colin Edwards memutuskan untuk pensiun dan tempatnya digantikan oleh Alex de Angelis.

Lorenzo kembali membuktikan dirinya sebagai pesaing berat dari Marc Marquez dengan melawan hingga akhir lomba di GP Inggris. Meskipun Marquez kembali menjadi juara, namun perlawanan kedua pebalap Movistar Yamaha semakin mengancam posisi sang juara bertahan.

Sirkuit San Marino yang lokasinya berdekatan dengan rumah Rossi menjadi saksi sejarah kemenangan pertama sang juara dunia MotoGP sembilan kali tersebut. Pada seri Misano ini, Marquez untuk pertama kalinya terjatuh dalam lomba. Dalam lomba kali ini Marquez hanya finis ditempat ke 15, sedangkan The Doctor berpesta merayakan kemenangan pertamanya.

Seakan tidak mau kalah dari rekan satu timnya, Lorenzo membukukan kemenangan pertama di GP Aragon. Lorenzo keluar sebagai pemenang setelah kedua pebalap Repsol Honda melakukan blunder dengan memutuskan untuk tidak masuk pit lane saat lintasan mulai diguyur hujan. Aleix Espargaro finis ditempat kedua mengalahkan Cal Crutchlow dengan jarak hanya separuh bodi motor.[dw/timBX]

Tags :

#
Kaleidoskop MotoGP 2014
#
MotoGP 2014
#
Marc Marquez
#
Valentino Rossi
#
Jorge Lorenzo