MENU
icon label
image label
blacklogo

Jonathan Rea Menang Kontroversi di Donington Park

MAY 14, 2012@16:14 WIB | 667 Views

Jonathan Rea pembalap Honda World Superbike Team berhasil memenangkan Race ke-2 Seri ke-5 ajang World Superbike yang berlangsung di Sirkuit Donington Park, Inggris. Balapan race ke-2 berlangsung menarik semenjak lampu start dipadamkan, aksi membalap dan salip-menyalip yang agresive kerap dipertunjukan para pembalap pada race ke-2 ini. Kemenangan yang diraih Jonathan Rea ini sedikit kontroversi karena manuver yang dilakukan Rea pada lap terakhir membuat itu membuat kedua pembalap BMW Motorrad Motorsport yakni Marco Melandri dan Leon Haslam harus terjatuh.

Saat lomba memasuki putaran terakhir Rea masih berada diurutan ke empat dengan Leon Haslam diposisi terdepan. Drama mulai terjadi di tikungan Loop sebelum tikungan terakhir, pada saat itu Melandri melakukan kesalahan yang membuatnya melebar dan posisinya diambil alih oleh Haslam, bukan hanya itu Rea juga melakukan manuver yang cukup berani yang membuatnya berhasil merebut posisi Max Biaggi yang berada didepannya. Saat semua orang berpikir Haslam akan memenangkan lomba, rekan setim Haslam Marco Melandri mencoba menusuk kembali lewat sisi dalam di tikungan terakhir namun tidak berhasil dan membuatnya melebar, Haslam juga sedikit melebar, melihat peluang itu Rea masuk lewat sisi dalam namun Haslam kembali memasukan sepeda motornya ke sisi dalam yang membuatnya tertabrak oleh Rea dan melebar sembari menghajar rekan setimnya Marco Melandri.

Posisi Rea yang berada pada sisi dalam saat melakukan manuver di tikungan terakhir dianggap legal oleh pengawas pertandingan walaupun ia membuat kedua pembalap BMW terjatuh. Bukan hanya Rea yang menang dengan cara yang sedikit kontoversi ini, Legenda Hidup MotoGP Valentino Rossi juga pernah melakukan hal serupa pada sirkuit Jerez tahun 2005 yang membuat Sete Gibernau harus melebar keluar lintasan. Untuk mengetahui kejadian lebih lengkap di race ke-2 World Superbike seri Donington Park, Inggris anda bisa melihat langsung pada teaser video berikut ini.[nur/timBX]

Tags :

#
World Superbike 2012
#
Jonathan Rea
#
Honda World Superbike Team
#
BMW Motorrad Motorsport
#
Marco Melandri
#
Leon Haslam

RELATED ARTICLE