MENU
icon label
image label
blacklogo

Ini Dia Pemenang MIXTRAX Journalist Challenge

FEB 10, 2014@13:53 WIB | 589 Views

Tidak kurang dari 6 media mengikuti kompetisi SQ (Sound Quality) yang bertajuk MIXTRAX Journalist Challenge yang diselenggarakan oleh Pioneer Indonesia. Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, ke 6 media tersebut adalah pemenang lomba tulis wartawan yang dilaksanakan pada saat event Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 lalu. Adapun keenam media yang terpilih dan wajib ikut dalam kontes tersebut adalah, Tabloid Otomotif, Majalah Motor, Majalah AutoCar, BosMobil.com, Stephenlangitan.com dan Majalah AutoStereo.

Berbekal sejumlah perangkat car audio yang telah diberikan oleh Pioneer, masing-masing peserta dibebaskan memilih rumah audio dengan syarat tidak boleh ada perangkat audio lain selain merek Pioneer kecuali perangkat pendukung yang tidak dimiliki oleh Pioneer contohnya kabel. Beberapa hari yang lalu bertempat di Arena Gokart Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara dilakukan penjurian untuk semua peserta. Terlihat begitu antusiasnya peserta untuk mengikuti kontes tersebut.

"Ini adalah kompetisi kedua yang dipersembahkan kepada wartawan sebelumnya ada pada tahun 5 tahun yang lalu. Mereka (peserta) semua sangat antusias mengenai Mixtrax dan kemampuannya untuk melakukan perpindahan lagu dengan baik sekali layaknya seorang DJ," ujar Akbar, selaku juri independen dari EMMA (European Mobile Media Association).

Dalam menentukan pemenang, ada 5 point utama yang dinilai oleh juri seperti frekuensi tinggi, tengah, bawah, subwoofer dan kemampuan sistem suara. "Secara garis besar kita menguji SQ disitu kita menguji tonal balance juga yang terdiri dari 5 point utama, frekuensi tinggi, tangah, bawah dan subwoofer, kita (juri) lihat bagaimana keseimbangan untuk menghaadapi musik-musik yang kita gunakan sebagai musik uji coba dan yang paling terakhir adalah kemampuan kendaraan tersebut untuk mempresentasikan sistem suara yang sudah dipasang. Rata-rata dari hasil yang sudah mereka (peserta) kerjakan sangat lebih maju karena mereka sudah sangat peduli mengenai pentingnya itu instalasi yang baik, penempatan untuk meningkatkan kualitas suara yang lebih oke, tapi disamping itu juga mereka sudah belajar bahwa kendaraan itu adalah sebuah kendaraan jadi mereka tidak melakukan modifikasi ekstrem," terang Akbar.

Dari hasil penilaian juri terpilihlah 3 orang pemenang yakni, Juara 1 Majalah Motor, Juara 2 Autostereo dan Juara 3 Bosmobil.com. Juri menyatakan, khusus juara pertama MIXTRAX Journalist Challenge kali ini, sistem suara yang dikeluarkan memiliki keistimewaan suara yang seimbang dan bagus. "mobil juara satu memiliki ke istimewaan terutama di midrange dan low bass jadi dia itu suara vocal bagus rapih dan suara bassnya itu bisa tepat menyeimbangi suara midrange  sehingga kesannya itu panggung ada di depan meskipun dalam kompetisi ini kita menggunakan format yang lebih sederhana tidak menilai placement tapi secara tonal dan perbaikan suara ini sudah sangat bagus sekali makanya itu mobil itu bisa meraih juara satu." jelas Akbar.

Kedepan Akbar berharap kompetisi ini menjadi sebuah ajang untuk membuka peluang dan bukti bahwa media juga bisa ikut dalam kompetisi car audio. "Event ini bagus, untuk kedepannya ini akan membuka peluang yang akan berkompetisi itu bukan melulu orang-orang audio tapi juga wartawan pun bisa ikut berpartisipasi sekaligus membuktikan mereka itu bukan hanya penonton aja," tutup Akbar.[San/timBX]

Tags :

#
Pioneer Indonesia
#
Pioneer
#
MIXTRAX
#
MIXTRAX Journalist Challenge
#
SQ
#
Sound Quality
#
Tabloid Otomotif
#
Majalah Motor
#
Majalah AutoCar
#
BosMobil.com
#
Stephenlangitan.com
#
Majalah AutoStereo.

RELATED ARTICLE