MENU
icon label
image label
blacklogo

Ide Helm Lipat Muncul Ketika di Curi di Indonesia

MAY 30, 2011@14:22 WIB | 287 Views

Kasus hilangnya Helm ketika motor sedang diparkir di suatu tempat akhir-akhir ini sering sekali kita dengar, salah satu contoh kasus hilangnya helm di alami oleh mahasiswi desain asal Sydney, Australia, bernama Jessica Dunn, Kejadian tersebut terjadi beberapa bulan lalu ketika dirinya berada di Indonesia, Ia terpaksa membeli helm baru karena helm lamanya di curi. Lucunya, Kejadian tersebut memunculkan ide bagi dirinya untuk membuat sebuah konsep helm lipat yang anti maling.

Ide itu datang ketika Ia sedang berkendara roda dua di Indonesia "setiap hari saya mengendarai sepeda motor ketika aku berada di Indonesia sedang melakukan study exchange (pertukaran mahasiswa) tetapi harus membeli helm dari warung pinggir jalan setelah helm saya dicuri," Jelas Dunn. Helm lipat buatan Dunn dijuluki Proteus, Helm konsep ini dirancang untuk mempermudah penyimpanan dan portabilitas, sehingga bisa dimasukkan ke dalam tas punggung. Helm ini memiliki tiga lapisan perlindungan dampak benturan yang berada di lambung Proteus.

Lapisan pertama adalahpolycarbonate resin shell yang melindungi terhadap abrasi dan tusukan, tertanam engsel. Lapisan kedua adalah sebuah busa polystyrene dan lapisan ketiga, paling dekat dengan kepala, terbuat dari bahan lembut atau lentur ketika penggunaan normal tapi akan mengeras bila terjadi benturan. Berkat ide desain helm ini Jessica Dunn dinominasikan untuk James Dyson Award, Jika dia memenangkan penghargaan itu, ia akan menerima uang sebesar 10.000 Pound atau sekitar Rp. 140 Juta dan Ia berhak untuk mengembangkan penemuan.[san/timBX]  

Tags :

#
Helm Lipat
#
Proteus
#
Jessica Dunn
#
Mahasiswi Desain Sydney
#
Australia