MENU
icon label
image label
blacklogo

Hindari Cedera Leher, Pakailah Helm

FEB 21, 2011@14:34 WIB | 303 Views

Penting bagi anda para pengguna kendaraan roda dua untuk memakai helm saat berkendara. Piranti keselamatan berkendara yang satu ini terkadang disepelekan para pengendara. Mulai dari alasan karena jarak yang ditempuh dekat atau tidak nyaman dalam penggunaannya, padahal maut selalu mengintai disetiap putaran roda. Oleh karenanya penting bagi pengendara untuk selalu menggunakan helm ketika bepergian.

Sebuah studi terbaru dari Unversitas Johns Hopkins Amerika Serikat mengungkap bahwa helm yang dikenakan mampu mengurangi jumlah resiko cedera otak dan kematian dari kecelakaan juga dikaitkan dengan resiko lebih rendah dari cedera tulang leher belakang. Studi yang dipublikasikan secara online dalam Journal of the American College of Surgeons menunjukkan pengendara yang memakai helm sebanyak 22 persen lebih rendah untuk menderita cedera leher belakang dibanding yang tidak memakai helm. Data tersebut diambil dari National Trauma Databank untuk melihat informasi mengenai lebih dari 40.000 kecelakaan sepedamotor dari tahun 2002 hingga 2006 di Amerika Serikat.

"Kami membongkar sebuah mitos populer bahwa memakai helm saat mengendaraai sepedamotor dapat merugikan ketika kecelakaan." kata pemimpin studi, Adil H. Haider, MD, MPH. Asisten profesor bedah di Johns Hopkins University School of Medice juga menambahkan, "Tidak ada keraguan bahwa helm dapat menyelamatkan nyawa dan mengurangi cedera kepala. Dan kini kita tahu dengan memakai helm dapat menurunkan resiko cedra tulang leher belakang." lanjutnya.

Lebih dari dua dekade para peneliti mengatakan, para aktivis melobi untuk menentang hukum penggunaan helm secara universal karena menurut penelitian kecil menunjukkan bahwa dalam kejadian kecelakaan bobot helm dapat menyebabkan tekanan berlebih pada leher dan dapat menghancurkan tulang belakang. Namun, dalam sebuah studi yang dilakukan Haider ditemukan penurunan resiko cedera otak traumatis dalam pemakaian helm (65 persen) dan kemungkinan penurunan jumlah kematian (37 persen). Ini menjadi bukti kuat bahwa helm secara signifikan mengurangi cedera tulang leher belakang yang dapat mengakibatkan kelumpuhan.[sp/timBX]

Tags :

#
Helm
#
Johns Hopkins University School of Medice US
#
Journal of the American College of Surgeons
#
National Trauma Databank